Gen Z, Pancasila dan Gerakan Pramuka Bahasan Menarik di Seminar Nasional Pasca Sarjana UGM

  • Whatsapp
Surya Wibawa, Muda Berbuat
Seminar Generasi Z Beretika dan Berintegritas Nilai-nilai Pancasila Melalui Gerakan Pramuka. Foto Screenshot

YOGYAKARTA, beritalima.com | Mahasiswa program Doktoral Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Angkatan Gasal 2023, Rabu (19/6/2023) menggelar seminar podcast nasional dengan tema yang menarik, “Generasi Z Beretika dan Berintegritas Didasari Nilai-Nilai Pancasila melalui Gerakan Pramuka”. Acara ini berhasil memikat perhatian lebih dari 500 peserta dari berbagai kalangan, baik secara offline maupun online, mulai dari Pramuka, Purna Paskribaka Indonesia (PPI), SMA Se-Yogyakarta, Taruna Akademi, Komunitas, hingga kalangan akademisi.

 

Bacaan Lainnya

Tiga pembicara utama pada podcast tersebut yaitu Brigjend TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si (Danrem 072/Pamungkas), GKR. Mangkubumi (Ketua Kwartir Daerah Pramuka Prov. DIY diwakili oleh Sri Budoyo, dan Ghania Taufiqa Salma Wibowo (Siswa Berprestasi Paskibraka Nasional 2022, atlet tenis Prov. DIY).

 

Prof. Dr. Armaidy Armawi, M.Si selaku Ketua Program Studi Ketahanan Nasional Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, menegaskan pentingnya kolaborasi dari semua pihak untuk mendorong generasi Z agar aktif dalam kegiatan Pramuka, di mana nilai-nilai Pancasila menjadi fondasi utama dalam membentuk sikap dan perilaku positif.

 

Brigjend TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si menyoroti urgensi pendidikan karakter di era digital saat ini, sementara GKR. Mangkubumi melalui perwakilan Sri Budoyo membahas peran penting gerakan Pramuka dalam membentuk generasi muda yang berintegritas dan beretika. Ghania Taufiqa Salma Wibowo menekankan perlunya penguatan pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda, sebagai landasan utama bagi setiap warga negara, terutama generasi Z.

 

Dalam penutup acara, Ketua Panitia Kol. Inf. Surya Wibawa S.IP., S.Sos., M.Han. menegaskan pentingnya menanamkan etika dan integritas melalui pendekatan yang berbeda, sebagai langkah penting menuju masyarakat yang lebih beretika dan berintegritas.

 

“Kami berharap seminar ini dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan generasi z yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, beretika, dan berintegritas tinggi, berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.” Pungkas Surya.

 

Surya Wibawa  pada acara ini juga memperkenalkan komunitas “Muda Berbuat” yang beranggotakan generasi Z berbakat yang telah memberi contoh aksi nyata yang beranggotakan para generasi Z yang penuh talenta dalam upaya dalam membentuk karakter generasi muda berbasis nilai Pancasila. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait