H-1 Pendaftaran Bacaleg Ditutup Tak Ada Yang Daftar, KPU Bangkalan: Mungkin Menunggu Hari Yang Baik

  • Whatsapp

BANGKALAN, BeritaLima.com- Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2019 akan segera ditutup. Namun, H-1 pendaftaran akan ditutup tak ada satupun partai politik (parpol) yang mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bangkalan.

Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar mengatakan, berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan pendaftaran dibuka sejak tanggal 4 Juli lalu, dan ditutup tanggal 17 Juli besok.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui apa penyebabnya hingga H-1 ini tak belum ada yang mendaftar. “Saya tidak paham apa penyebabnya hingga hari ini belum ada yang mendaftar, mungkin masih menunggu hari yang baik,” ujarnya, Senin (16/7).

Fauzan menyampaikan, kalau semua partai politik mendaftarkan bacalegnya pada hari terakhir yakni tanggal 17 Juli besok, maka pihaknya hanya punya waktu satu hari untuk verifikasi berkas. “Karena jadwal tahapan verifikasi berkas dimulai sejak tanggal 5-18 Juli,” katanya.

Kalau semua Bacaleg daftar besok, sambung Fauzan, pasti pihaknya akan bekerja ekstra. Karena banyak berkas yang menumpuk dan pihaknya akan kewalahan. Namun, ia berharap hari ini ada yang mendaftar.

“Padahal asumsi kami pembukaan pendaftaran tanggal 4 itu sudah ada yang mendaftar dan tanggal 5 sudah bisa verifikasi,” lanjutnya.

Selain itu, ia menambahkan mekanisme pendaftaran bacaleg saat ini memang ada perbedaan dibandingkan dengan pendaftaran sebelumnya. Karena, kata dia semua parpol terlebih dahulu harus memasukkan data Bacaleg melalui aplikasi Ke KPU yang disebut silon.

“Bacaleg harus didaftarkan dulu melalui aplikasi Silon. Baru setelah itu bisa menyerahkan berkas pendaftaran berbentuk hard copiy,” tutupnya. (Rsd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *