Hadapi Kemarau Panjang, Pemkab Jember Ambil Langkah Atasi Pertanian

  • Whatsapp
Bupati Jember saat meninjau saluran air (beritalima.com/istimewa)
Bupati Jember saat meninjau saluran air (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Menghadapi kemarau panjang, Pemerintah Kabupaten Jember mengambil langkah terobosan untuk mengatasi masalah pertanian.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto meninjau langsung terobosan irigasi tanah dalam yang terletak di area pertanian di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Rabu (24/5/2023).

Bacaan Lainnya

Bupati Hendy bersama Ketua Kelompok Tani, Bapak Basri berkeliling melihat sekeliling ruangan khusus, tempat mengkontrol pergerakan pompa sumur air yang disalurkan untuk pertanian.

Proyek garapan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Jember tersebut didukung oleh Kades Sumberejo.

“Tentunya hal ini untuk menjawab salah satu tantangan bagaimana untuk  mengairi air di wilayah-wilayah yang memang sulit di aliri air,” ungkapnya.

Proyek tersebut, dibangun sebuah power play yang disampingnya terdapat bak penampung untuk air dan diambil dari air sumur dalam.

Bupati menuturkan, proyek ini sebagai percontohan bagi kabupaten lain untuk menghadapi kemarau panjang (El-Nino).

“Salah satunya hari ini kami langsung mengimplementasikan, dengan membuat sumur dalam yang di tampung di bak penampung yang cukup sederhana,” terangnya

“Dengan power play dan akan dialirkan melalui pipa-pipa instalasi. Lalu, setiap ladang-ladang dan sawah nantinya ada kran khusus,” lanjutnya.

Bupati berharap, dengan adanya hal ini menjadi semangat untuk menghadapi El- Nino dan menjadi bagian dari ikhtiar, untuk memberdayakan petani supaya petani di Jember lebih sejahtera. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait