HotNews : Pembuluh Darah Penentu Nyawa Kita!

  • Whatsapp

RobertoNews : Unsur apa yang bisa membuat pembuluh darah buntu?
Banyak orang beranggapan bahwa bila periksa kolesterol total ,LDl, HDL dan Trigliserida secara rutin dan teratur maka merasa diri aman dari serangan jantung atau Stroke ,Pandangan ini adalah sangat keliru.

Banyak unsur yang terlibat dalam penyumbatan atau buntunya pembuluh darah.
Pada edisi ini saya mengajak saudara berdiskusi tentang apa dan kenapa bila pembuluh darah kita bermasalah dan unsur apa yang sebagai biang keroknya terjadi penyakit.

Pembuluh darah adalah insur utama dalam kehidupan kita, segala jenis penyakit akan berkaitan pada pembuluh darah Bila pembuluh darah kita bersih maka tak akan terjadi penyakit yang ditimbulkan oleh tubuh, seandainya pembukuh darah
1.Otak buntu akhasil akan berefek strok3,
2. Jantung tersumbat tentu menimbulkan berbagai akibat dari Jantung bakal mati mendadak.
3. Kaki buntu gejala awal adalah semutan,berakhir bisa kaki busuk dsbnya.
4. Mata tersumbat atau pecah bisa verakibat mata buta.

Para ahli jantung, berpendapat bahwa darah seperti bola kristal yang selalu dapat memprediksi risiko serangan jantung Selain dari tekanan darah, risiko ini juga dapat dilihat dari kadar komponen di dalamnya Darah yang kotor dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi terhambat.Penyumbatan dapat menyebabkan kegagalan fungsi jantung, bahkan juga dapat memicu stroke jika terjadi pada aliran darah ke otak

Kami yakin bahwa masyarakat kita masih beranggapan bahwa penyebab pembuluh darah tersumbat karena endapan endapan lemak maupun plag adalah ulah dari kolesterol tinggi?

Sebelum nya kita hanya mengenal kolesterol tinggi akan berbahaya karena bisa berakibat penyakit Jantung maupun stroke.
Sejalan dengan perkembangan tehnologi dan hadil riset ilmu kedokteran terupdate maka mendapat beberapa parameter penentu penyumbatan pembuluh darah antara lain.
1. INFEKSI bisa disebabkan berbagai mikroorganisme antara lain
a. Bakteri ini sebenarnya adalah penyebab utama pneumonia. Namun kehadirannya di dalam darah bisa menunjukkan risiko tinggi terhadap serangan jantung koroner.
b. Virus seperti virus corona, virus Hepatitis, virus Herpes dan lainya.
C. Jamur bisa berupa jamur di kulit atau di organ dalam
D. Protozoa

2. TROMBOSIT
Peninggian kadar thrombosit darah berakibatkan terjadi pembendungan aliran darah di seluruh tubuh antara lain bisa berakibatkan kaki dan tangan semutan/kaku .

3. FIBRINOGEN
Pada umumnya penderita Diabetes Mellitus kronis akan menyebabkan peningkatan kadar Fibrinogen/serat darah dalam pembuluh darah. Alhasil penderita akan merasa kedua tungkai bawah tebal /tak terasa dan rasa nyeri di dada yang merupakan tanda awalnya Penyakit Ketika ada luka,komponen ini berperan untuk menghentikan kucuran darah dengan membekukan darah pada permukaan luka. Jika komponen ini ditemukan dalam kadar tinggi di dalam pembuluh darah, penyumbatan yang memicu serangan stroke atau jantung dapat terjadi.

4. PROTEIN C REAKTIF (hsCRzP)
Protein ini adalah komponen darah yang menunjukkan peradangan yang terjadi dalam arteri.
Dibandingkan dengan kadar LDL, kadar hs-CRP dua kali lebih akurat dalam mengestimasi risiko serangan jantung.

5. SMALL DENSE LDL ( Terbentuk plag/ krak )
Small dense LDL merupakan partikel LDL yang berukuran kecil yaitu < 25,5 nm dan padat sehingga bersifat lebih aterogenik, karena lebih mudah masuk kelapisan dalam pembuluh darah dan akan bertahan lama di dalam sirkulasi darah sebab sukar dikenali oleh reseptor LDL.

Small dense LDL yang terperangkap tersebut mudah teroksidasi oleh radikal bebas dan akan membentuk LDL teroksidasi yang merupakan cikal bakal terjadinya penyunbatan disebut Aterosklerosis. Keberadaan small dense LDL ini berkaitan dengan peningkatan konsentrasi trigliserida dan Apo B, serta penurunan konsentrasi HDL,dapat diketahui dengan pengukuran rasio kolesterol LDL direk / Apo B < 1,2.
Small Dense LDL terbentuk karena:
1 . HDL rendah
2. ApoA rendah
3. ApoB tinggi yang dipengaruhi oleh
A,Infeksi
B.Tg tinggi
C..minum obat dosis Kolesterol terlalu ting
D.minum obat kolesterol tidak teratur

6. HDL (High Density Lipoprotein)

Dalam event 83 EAS Congress mengangkat issue HDL cholesterol jauh lebih bermanfaat beberapa. studi terakhir membuktikan bahwa endapan lemak n penyumbatan pembuluh darah bukan pada. LDL Chol melainkan HDL cholesetrol

HDL kolesterol (High-density lipoproteins)adalah jenis kolesterol yang membawa LDL kolesterol. dari arteri dan kembali ke hati menghilangkan kelebihan kolesterol dari plak dan memperlambat pertumbuhan plag di dinding pembuluh darah.

Sebab itub HDL sering disebut sebagai kolesterol baik. Karena itu, ada kebutuhan untuk memiliki tingkat tinggi HDL dalam tubuh untuk melindungi dari serangan jantung.HDL cholesterol ( n》40 mg/dl) n sangat bervariasi.

KENAPA HDL PENTING,
Sebuah rumus untuk memperdiksi endapan lemak dalam pembuluh darah adalah
1. perbandingan ratio Chol total : HDL, bila hasil ini 》5 Petanda ada endapan lemak di dinding pembuluh darah sebab itu Timbul endapan lemak dalam pembuluh darah disebabkan oleh rendahnya HDL sebagai contoh Px Ali mempunyai nilai Cholesterol total 200 n HDL 25, maka ratio = 8 petanda endapan lemak terjadi,ini sangat berbahaya!
2.perbandingan ratio ApoB:ApoA harus lebih kecil 1,5. HDL identik ApoA, bila HDL rendah otomatis
ApoA rendah maka ratio menjadi besar berarti penyumbatan total pada pembuluh darah,ini sangat beresiko terjadi kematian.

7. APOLIPOPROTEIN B (Apo B),
Apo B berperan dalam penentuan risiko kejadian PJK.
Penentuan konsentrasi serum apo B sangat berguna karena konsentrasi kolesterol LDL yang tidak menjamin bahwa individu tersebut aman dari risiko PJK.
Jika rasio kolesterol LDL direk / Apo B < 1.2 maka Pemeriksaan apo B selain dapat digunakan untuk memperkirakan resiko PJK juga berguna untuk mengukur keberhasilan pengobatan penurun lemak (statin)

8. APOLIPOPROTEIN E4 (Apo E4)
Kemampuan tubuh untuk merespons perubahan diet ditunjukkan dengan kadar Apo E4 dalam darah. Pemeriksaan untuk mengukur kadar komponen ini dapat mempreediksi risiko serangan jantung yang sebenarnya,yang lebih akurat daripada Apo B.

9. HOMOCYSTEIN
Adalah produk samping dari metabolisme asam amino yang diproduksi secara alami dalam tubuh dan akan dibuang jika tidak diperlukan. Jika kadar dalam darah sangat tinggi,itu berarti bahwa ada gangguan metabolisme yang dapat memicu serangan jantung.

10. LIPOPROTEIN (a) [Lp (a)]
Kehadiran protein ini dalam darah menunjukkan peningkatan risiko serangan jantung sebesar 300 % bahkan ketika komponen darah lainnya di tingkat normal

Demikian ulasan singkat dan padat tentang unsur penyebab pembuluh darah.semoga bisa menambahn wawasan baru tentang apa dan kenaoa pembuluh darah bisa tersumbat sehingga bisa mengambil langkah pencegahan.

Sebab itu setiap pasien kami lakukan skerning parameter di atas iini untuk biza mengambil langkah pencegahan dini sesuai prinsip pengobatan:!” Mencegah jauh lebih baik dari pengobatan.
Sekilas info semoga. bernanfaat.
Selamat berakhir pekan bersama keluarga , Hiduo Sehat tanpa ancaman virus corona!
RobertoNews 838 《 21.3.2020(22.22)》

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait