Hujan Lebat Melanda Kecamatan Pesanggaran, Koramil Siaga Evakuasi Warga

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sepekan ini diwilayah Kabupaten Banyuwangi mengakibatkan banjir kembali melanda Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran tepatnya di Dusun Ringinagung Rt. 02 Rw. 07 Desa Pesanggaran dan BLOK 56 dengan ketinggian air yang masuk ke pemukiman rumah warga tingginya mencapai 80 cm.

Kejadian banjir yang melanda di dua Desa Sumberagung dan Desa Pesanggaran tersebut diakibatkan oleh aliran sungai Gonggo yang tidak dapat menampung debit air akibat curah hujan dengan intensitas tinggi, kejadian tersebut terjadi pada hari kamis, 01 Pebruari 2018 sekitar pukul. 06.00 WIB.

akibatnya dua Desa
Dusun Ringinagung Desa Pesanggaran Rt. 02 Rw. 07 dan Blok 56 dengan ketinggian air sekitar 80 cm dikarenakan guyuran hujan semalam sehingga luapan air hujan yang tak mampu menahan debit air yang tidak kunjung surut dikarenakan aliran sungai gonggo hampir sejajar dengan tanah perpajakan warga sehingga merendam rumah warga dan ±10 ha persawahan milik warga yang mayoritas tanaman buah naga dan buah jeruk.

Sementara di daerah kali uluh jalur yang menuju ke Wisata Pulau Merah dusun Silir Baru Desa Sumber Agung Kecamatan Pesanggaran juga terjadi banjir dengan ketinggian air sudah mencapai sekitar ketinggian air 60 cm, yang merendam rumah warga di akibatkan luapan sungai Gonggo.

Dengan kejadian tersebut Babinsa Desa Pesanggaran dan babinsa Desa Sumberagung terus berupaya untuk melaksanakan pemantauan dan pengawasan serta koordinasi dengan instansi terkait, selain itu juga menghimbau kepada warga sekitar agar tetap waspada dan berhati-hati karena sewaktu-waktu curah hujan tinggi dan bisa mengakibatkan banjir susulan.

Serka Heru Suparnianto dan Babinsa Sumberagung Serda Guntari mewakili Danramil 0825/11 Pesanggaran Kapten Arm Sutoyo saat dikomfirmasi mengatakan, ”
Sebagai seorang Babinsa yang mempunyai teritorial diwilayah Desa Binaan maka kami akan tetap dengan ikhlas bakti untuk membantu warga yang terkena musibah terutama bencana alam yang sering terjadi di Desa Pesanggaran dan Desa Sumberagung yang diakibatkan oleh banjir ini, selain itu akan mengambil langkah-langkah dengan Berkoordinasi dengan ketua RT apabila ada situasi dan kondisi banjir susulan agar bisa di informasikan, kami juga menghimpun penyebab utama banjir terjadinya banjir untuk dilaporkan ke pimpinan kami serta membantu masyarakat yang mau melintas di kawasan banjir,” pungkasnya. (Abi)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *