HUT Sumpah Pemuda Ke 89 KNPI Sorsel Gelar Seminar

  • Whatsapp

TEMINABUAN, Berita lima.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda yang ke 89 Tahun yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2017 hari ini DPD KNPI Kabupaten Sorong Selatan gelar Seminar yang bertajuk Wawasan Sumber Daya Kepemimpinan Pemuda.

Kegiatan yang digelar di lantai dua Gedung DPD KNPI kabupaten Sorong Selatan pagi tadi Sabtu 28/10/2017 berlangsung aman dan lancar.
Selaku Pembicara dalam Seminar ini Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,memberikan pencerahan terkait peran pemerintah dalam pembangunan pemuda di kabupaten Sorong Selatan.

Dilanjutkan dengan ceramah dari Ketua DPRD Kabupaten Sorong Selatan Jevries N Kewetare,SP,dengan materi partisipasi pemuda dalam berpolitik, selanjutnya materi disampaikan oleh Kapolres Sorong Selatan yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Sorong Selatan IPDA.MS Mangiri,S.Sos, dengan Materi tentang Kamtibmas dan peran pemuda ditingkat distrik dan kampung serta ditutup dengan penyampaian materi tentang peran pemuda dalam pembangunan dikabupaten Sorong Selatan yang disampaikan oleh Ketua DPD KNPI Kabupaten Sorong Selatan Alfius Way,SE
Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE saat membacakan sambutan menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi meminta peserta seminar yang ada hendaknya mengikuti sambutan ini dengan baik dan mencamkan dalam sanubari masing masing pembacaan sambutan ini diawali dengan menyeruhkan pekik salam pemuda dan pekik Merdeka sebanyak 3 kali.

Sambutan yang berjudul Pemuda Indonesia Berani Bersatu menjadi perhatian penuh ratusan peserta Seminar ,dalam pembacaan pidato ini bupati menyeruhkan sebuah kutipan, ” Khususnya bagi generasi muda, indonesia. Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. kita harus berani melawan, segala bentuk upaya yang ingin memecah belah, persatuan dan kesatuan bangsa.

Kita juga harus, berani melawan ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak, bangsa. kita harus berani mengatakan bahwa,persatuan indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan,apalagi golongan,mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan,indonesia.

Stop segala bentuk perdebatan yang,mengarah pada perpecahan bangsa. kita seharusnya,malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada bung,karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini,sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang,lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan,keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu Ketua DPRD Sorong Selatan Jevries N Kewetare,SP menjelaskan dengan iven seperti ini sebagai mana sumpah pemuda tetap menjadi hal yang lebih bagi generasi kita sekarang untuk mempertahankan generasi Indonesia yang mantap dalam berkarya kedepan.

Menurutnya pemuda memiliki potensi diri,kedepan pihaknya akan membantu kegiatan kegiatan kepemudaan ,lanjutnya di momen seperti ini sangat bagus untuk mengembangkan potensi diri pemuda.

Sebagai pemerintah pihaknya akan terus mendukung seluruh kegiatan kepemudaan, pihaknya berharap kedepan dalam momen seperti ini hendaknya dapat melibatkan sebanyak mungkin pemuda disorong selatan.

Usai pelaksanaan kegiatan Ketua DPD KNPI Sorong Selatan Alfius Way,SE Saat ditemui media ini menyampaikan apresiasi kepada pendahulu pendahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini sehingga generasi saat ini dapat hadir untuk mengisi kemerdekaan dalam dimensi dimensi pembangunan disegala aspek dan potensi kepemudaan.
“ Saya mengajak semua komponen dari berbagai jenjang karir untuk melaksanakan dan mewujudkan obor pemuda yang digalakan bersama pada 89 tahun yang lalu yaitu bertanah air Indonesia ,berbangsa Indonesia dan berbahasa Indonesia menjadi tekad dalam revolusi mental dikalangan pemuda sehingga sorong selatan maju seperti daerah lainya dinegeri tercinta ini , ”ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan terimah kasih kepada Bupati dan Ketua DPRD Sorsel yang bersedia hadir dalam acara ini ,menurutnya dalam kegiatan ini semua komponen yang ada telah menetapkan sejumlah rekomendasi yang merupakan usul dan saran yang disampaikan oleh sejumlah pemuda dalam dialog langsung dengan Bupati ,Ketua DPRD dan Kasat Binmas Polres Sorong Selatan sebagai penentu kebijakan.

Lebih lanjut ungkapnya dalam kegiatan ini juga telah direkomendasikan sejumlah program diantaranya pembangunan sarana prasarana keolahragaan di 4 distrik yaitu distrik Teminabuan,distrik Moswaren,distrik Inawatandan distrik Kokoda.

Dijelaskan pula dalam seminar ini melibatkan perwakilan pemuda dari seluruh distrik yang ada dikabupaten sorong selatan serta menghadirkan utusan OKP,para siswa siswi SMA serta utusan dari organisasi keagamaan yang diperkirakan berjumlah 100 Peserta.(Engel Berto)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *