Ini Kesepakatan Deklarasi FPK Di Balikpapan

  • Whatsapp

BALIKPAPAN, beritalima.com- Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), sepakat untuk membentuk pengurus pusat. Kesepakatan ini tertuang dalam Deklarasi Balikpapan, di Hotel Menara Bahtera, Balikpapan, Kalimantan Timur, 4 November 2019, lalu, tentang Forum Implementasi Pembauran Kebangsaan melalui Pendekatan Kearifan Lokal.

Deklarasi ini, juga menindaklanjuti pertemuan FPK se Indonesia 17 Desember 2018 di Hotel Marcopolo Jakarta dan pertemuan revolusi Mental Forum Pembauran Kebangsaan Se Indonesia tanggal 17 September 2019 di Banjarmasin.

Hal penting yang perlu mendapat perhatian dalam rangka implementasi dan representasi Forum Pembauran Kebangsaan secara Nasional antara lain, Kemendagri melalui Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum untuk segera merevisi Permendagri No 34 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Pembauran Kebangsaan di daerah, membentuk Forum Pembauran Kebangsaan Nasional dengan Kepengurusan meliputi perwakilan dari seluruh Provinsi di Indonesia,Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum untuk melakukan dan atau memfasilitasi pembentukan FPK Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota yang belum terbentuk.

Rekomendasi ini ditandatangani ALBERT (Ketua FPK Kota Manado), YAFETI WARUWU (Sekretaris FPK Jatim), SABRAN (Ketua FPK Kutai Kartanegara) YANAS A. (Ketua FPK Kabupaten Maros), ABO RACHIM (Ketua FPK Kota Balikpapan) HASYIM K.A (Ketua FPK Kalimantan Selatan) A.FIRDAUS HUTASUHUT (FPK Sumatera Utara) A.FACHRI YASIN (Ketua FPK Provinsi Riau) ENDY MAULIDI (Ketua FPK Kepulauan Riau) dan HASANUL BATU BARA (FPK Berau Kalimantan Timur).

Diberitakan sebelumnya, Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) Provinsi Jawa Timur Menghadiri undangan dari Direktorat Bina Ideologi, Karakter dan wawasan Kebangsaan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri di Balikpapan (Senin, 4 /11/2019).

Kegiatan dari Kemendagri di Hotel Menara dipimpin lansung oleh DR. Prabawa Eka Soesanta Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wasbang Ditjen Polpum Kemendagri.

FPK Jatim Mengusulkan kegiatan FPK Nasional untuk membahas perkembanan Pembauran ke depan dan hingga bisa terbentuk sampai ke tingkat Keluraan / Desa.

Dalam Forum Pertemuan Nasional yan diselenggarakan di Balikpapan disepakati mengusulkan segera terbentuknya Dewan Pimpinan Pusat FPK. Sehubungan dengan itu FPK Jatim menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah pertemuan nasional serta deklarasi secara nasional.

”Kami FPK Jatim siap menjadi tuan rumah pada acara Nasional berikutnya yang nantinya dapat difasilitasi oleh Kemendagri bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur ” Pungkas HM. Yousri Nur Raja Agam Ketua Harian FPK Jatim yang hadir bersama lima pengurusnya.

Hadir pada Kegiatan Forum Implementasi Pembauran Kebangsaan melalui pendekatan kearifan lokal dengan tema Serasi Dalam Keberagaman, Harmoni Dalam Ke-Bhinekaan dari FPK Merauke, Jatim, Kotamobago Hasana Mokoagow, Manado Albert Wuysang, Pekanbaru, Kepri, Sumut, Sumbar, Sulsel dan dari Provinsi lainnya.

Sedangkan dari Jawa Timur yang hadir HM. Yousri Nur Raja Agam, Yafety Waruwu, Moch. Efendi, Neny dan Mery. (Red).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *