Ini Proses Pendadaran Saka Bhayangkara Polsek Kertek Angkatan Ketiga

oleh -110 views

WONOSOBO, beritalima.com – Satuan Karya Bhayangkara Polsek Kertek di tahun 2018 resmi memiliki tiga angkatan. Pada Minggu (18/11) angkatan ketiga dilantik oleh Kanit Reskrim Polsek ini, IPDA Slamet Riyanto, S,E. di lapangan Mapolsek Kertek.

Pada sambutannya Kanit Reskrim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir dan memberi dukungan atas terlaksananya kegiatan sejak pendadaran hingga pelantikan.

“Sedangkan pendadaran telah diaksanakan pada Sabtu, 17 Nopember 2018 yang lalu dengan berbagai kegiatan dari fisik hingga mental oleh 16 anggota Saka Bhayangkara.” Kata Slamet.


Pendadaran tersebut dimulai dengan apel pembukaan yang dilanjutkan dengan bakti sosial.
“Selama pendadaran mereka didampingi para pamong dan dewan angkatan kedua dengan giat berupa membersihkan sampah sepanjang jalan dari SPBU Siyono hingga Pasar kertek.” Jelas Kanit Binmas Kertek.

Lanjut Bripka Army Induk Dwiyanto, berikutnya mereka diberi uang Rp.10.000, 00 guna bekal berlatih wira usaha. Oleh para peserta, modal tersebut ada yang diginakan untuk dibelikan barang untuk dijual lagi bahkan ada yang tidak menggunakannya sama sekali sebab mereka jual jasa seperti membantu di rumah makan, bantu bongkar muat pasar dan sebagainya.

“Tujuannya agar mereka terbangun jiwa wira usahanya dan menekan jiwa konsumtif sehingga kedepannya mereka bisa mandiri, peduli terhadap sesama, lebih menghargai orang tuanya yang telah menyekolahkan dan memberinya uang saku karena mersakan sendiri sulitnya mencari uang.” Terang Army.

Pendadaran diakhiri dengan kegiatan api unggun dan renungan malam dan pelantikannya dilaksanakan pada Minggu paginya (18/11) dengan tradisi minum brotowali dan mandi kembang yang dilakukan oleh Kapolsek dan orang tua anggota Saka Bhayangkari.

Para wali murid merasa bangga akan pelaksanaan kegiataan tersebut. “Kami dukung anak kami ikut Pramuka sebab ini merupakan kegiatan positif terbukti dia sekarang lebih mandiri. Apalagi selama latihan diawasi oleh anggota Polsek Kertek.” Ucap Uswatun Khasanah.

Senada disampaikan guru SMK Kalikajar, Hasitika Andry yang hadir pada pelantikan menyampaikan kebanggaan pihaknya dimana siswanya telah mengikuti Saka Bhayangkara.

“Mereka langsung memberi warna positif dalam menghidupkan kegiatan Pramuka di sekolah.” Kata Hasitika.

Hingga berita ini diunggah Saka Bhayangkara Pklsek Kertek telah siap menerima anggota baru. “Silahkan dstang langsung ke sanggar Saka Bhayangkara Polsek Kertek pada tiap hari Minggu dan direncanakan pendadarannya dilaksanakan pada Januari tahun depan.” Pungkas Army. (Budi)