Inovasi Cerdas, Dinas Kominfo Sumenep Gelar Rapat Koordinasi Smart City

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com|Pemerintah pusat terus melakukan program menuju Smart City yang telah dilakukan sejak 2018 lalu.

Rapat Kordinasi menuju Smart city dihelat dinas Kominfo Kabupaten Sumenep dilantai dua kantor Pemkab Sumenep

 

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah yang terpilih dalam program Gerakan Menuju 100 Smart City.

Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam hal ini Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep menghelat Rapat Kordinasi menuju Smart city bersama Organisasi Perangkat Daerah khususnya yang masuk dalam master plan Pemkab Sumenep menuju smart city, yang meliputi Diskominfo, Humas Pemkab, BKPSDM, DPM PTSP, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigran, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas PUPR, Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil, Dinas Kesehatan, RSUD. Dr. H. Moh. Anwar, Dinas Lingkungan Hidup DLH dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Rakor yang berjenjang evaluasi dan tinjau lapangan ini berlangsung dilantai dua kantor Pemkab Sumenep pada Jum’at (13/ 03/ 2020).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ferdiansyah Tetrajaya, SH, mengatakan, Tujuan smart city ini untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat di berbagai bidang. Kesehatan, pendidikan, solusi lingkungan, transportasi dan lainnya.

“Ke depan, masyarakat akan mudah mengakses layanan pemerintah dengan handphone. Dari Kominfo nanti nya juga akan meluncurkan langsung aplikasinya. Pemerintah dapat melihat aplikasi dari semua OPD,” tandasnya.

Hi Sumenep, Sumekar Online, Hompimpa, Sinergi, Siaga, Sakip, dan beberapa sistem informasi yang dimiliki setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sumenep, menjadi usaha seluruh pihak untuk mendukung gerakan smart city yang mampu memberikan kemudahan layanan publik, imbuh Ferdiansyah Tetrajaya.

Selanjutnya menurut Ferdiansyah, smart city tidak selalu tentang teknologi, tetapi lebih jauh tentang bagaimana inovasi pelayanan publik agar lebih efektif dan efisien, seperti pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) Sumenep, dimana mall tersebut bertujuan untuk menyatukan seluruh perizinan dan kebutuhan publik dalam satu gedung, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengurus perizinan di banyak tempat.

“Smart city terus berkembang karena tidak ada akhir dalam pengembangannya, karena tujuannya untuk terus meningkatkan layanan publik dengan inovasi-inovasi cerdas,” pungkasnya.
(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait