Jambore Kendaraan Listrik Nasional Touring Surabaya Jakarta

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com| Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, menggelar event Jambore Kendaraan Listrik Nasional, di Halaman Kampus ITS. Selain Jambore, ITS juga menggelar Rally Kendaraan Listrik Surabaya Jakarta. Ada puluhan kendaraan listrik yang diikutkan dalam event tersebut yang merupakan garapan mahasiswa ITS.

’’Start rally kendaraan Listrik Mulai dari ITS akan perjalanan menuju Jakarta, yang bertujuan mengenalkan kepada masyarakat hasil riset yang telah dikerjakan ITS,” ungkap Direktur PUI-SKO IOTS Dr Muhammad Nur Yuniarto, Rabu 28 Agustus.

Bacaan Lainnya

Dalam event tersebut, ITS memamerkan dua kendaraan listrik berjenis sport dan Limosin (5Sin), mobil sport tersebut merupakan hasil reborn dari mobil Lowo Ireng. Berwarna hitam mengilat, mobil terbuka itu sangat gagah. Bukan hanya ITS, banyak institusi lain yang mengembangkan kendaraan listrik dalam acara tersebut.

“Jambore Kendaraan Listrik Nasional tersebut bekerja sama dengan BPPT dan Kemenristekdikti,” ungkapnya.

Nur juga mengenalkan mobil Limosin, yang didesain sebagai mobil wisata. Mobil tersebut dapat digunakan untuk shuttle atau angkutan kota.

’’Hal itu tentu akan membantu mengurangi polusi udara seperti di Kota Surabaya ini,” jelasnya.

Heri Suryoatmojo, ketua peneliti Lowo Ireng Reborn, mengatakan bahwa mobil yang dibuat dengan anggaran miliaran rupiah tersebut menggunakan teknologi baterai lithium ion berkapasitas 20 kWh. Teknologi utama lain yang digunakan, yakni controller/inverter, battery management system, dan interface vehicle unit, dibuat langsung oleh tim peneliti dan mahasiswa ITS.

’’Hanya 10 persen yang masih harus impor ke luar negeri. Sisanya kami bikin sendiri,’’ ujarnya.

Menurut dia, Lowo Ireng Reborn memiliki kecepatan lebih dari 160 kilometer/jam. Sebab, torsi pada motor listrik yang digunakan 200 newtonmeter (nm) dengan transmisi triptonic. Sementara itu, proses pengisian daya dari nol hingga penuh hanya memakan waktu 3–4 jam dengan daya 7,7 kilowatt. [red/san]

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *