Jelang Puasa Di Banyuwangi Polri dan PNS Sedekah Darah

  • Whatsapp

BANYUWANGI Beritalima.com – Sekitar 200 orang anggota polisi dan pegawai negeri sipil (PNS) Polri menyumbangkan darahnya untuk masyakarat umum. Donor darah massal yang dimotori Bagian Sumber Daya Manusia (Bagsumda) Polres Banyuwangi ini digelar di Ruang Dhira Brata.

Dari 200 orang yang mendaftar, sebanyak 90 orang dinyatakan layak untuk diambil darahnya. Sedangkan 110 orang lainnya, kata Penda Nur Prasetyo Hadi, gagal melakukan donor karena faktor kesehatan serta tensi darah yang tidak mendukung.

“Terlalu tinggi tidak baik, dibawah standar juga tidak layak. Kelayakan donor biasanya dipengaruhi masalah tensi darah. Apabila tensi darahnya diatas 140/90 mmgh dan dibawah 100/70 mmgh, maka petugas tidak akan berani melakukan pendonoran,” terang perwira Urusan Kesehatan Polres Banyuwangi, Senin (15/5/2017).

Usai minum obat ternyata juga mempengaruhi calon pendonor sehingga dinyatakan tidak layak diambil darahnya. Karena itu, saat donor darah yang digelar dalam rangka HUT Bhayangkara ke-71 pendaftar yang gagal menyumbangkan darahnya lebih banyak dibanding yang layak.

“Dari 90 orang itu terkumpul 90 kantong darah. Semua darah hasil donor langsung diserahkan ke petugas PMI Cabang Banyuwangi yang juga terlibat dalam acara donor,” tambahnya.

Semestinya, kegiatan donor darah digelar satu tahun sekali pas di Bulan Juli bersamaan dengan peringatan Hari Bhayangkara 1 Juli. Menurut Kasubaghumas Polres Banyuwangi AKP Bakin, agenda ini diajukan karena HUT Bhayangkara ke-71 berdekatan dengan puasa serta Hariraya Idul Fitri.

“Puasa tidak mungkin digelar donor atas dasar pertimbangan agama maupun kesehatan. Makanya pelaksanaan kegiatan sosial ini diajukan di Bulan Mei,” tukas perwira asal Genteng.

Tidak hanya anggota polisi dan PNS Polri di lingkungan Polres Banyuwangi saja yang turut serta. Anggota dan PNS yang bertugas di masing-masing polsek juga ikut sedekah darah. Hanya saja tidak semua yang hadir di Dhira Brata bisa diambil darahnya.

“Semua darah hasil donor diserahkan untuk kalangan umum melalui PMI Banyuwangi. Ternyata 90 kantong darah yang didapat dari anggota dan PNS Polri menjadi stok di Bulan Ramadhan,” urai AKP Bakin. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *