Kabar Gembira, Pemkab Gresik Pastikan Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Selama Ramadan-Idul Fitri Stabil

  • Whatsapp
Malahatul Farda, Kepala Diskoperindag Kabupaten Gresik Pastikan harga kebutuhan pokok selama Ramadan dan Idul Fitri akan stabil.(*)

Gresik,beritalima.com- Pemkab Gresik melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik sangat serius menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadan hingga Hari raya Idul Fitri.

Komitmen itu disampaikan, Malahatul Farda, Kepala Diskoperindag Kabupaten Gresik kepada beritalima.com pada Senin (27/03/2023).

Ia menjelaskan, jika ketersediaan atau stok bahan pokok selama Ramadan dan Idul Fitri relatif tercukupi untuk konsumsi masyarakat di Kabupaten Gresik.

Dengan stok yang tercukupi maka sangat kecil kemungkinan adanya lonjakan harga komoditas kebutuhan pokok. “Ketersediaan kebutuhan pokok aman. harganya juga masih relatif stabil,” ujar Perempuan asal Kecamatan Sidayu ini.

Dari penjelasan tersebut,, tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat Gresik, mengingat umumnya menjelang bulan puasa hingga hari raya Idul Fitri harga komoditas pangan kerap mengalami kenaikan yang signifikan.

Selain itu, lanjut Fardah, guna memastikan stok dan harga kebutuhan pokok di Kabupaten Gresik tercukupi. pihaknya juga rajin melakukan inspeksi ke pasar seperti pada dua hari sebelum Ramadan lalu.

Sementara untuk mengantisipasi adanya permainan atau monopoli harga dari produsen/distributor maupun pedagang, Diskoperindag membuat strategi yakni dengan melaksanakan operasi pasar.

Salah satu yang rutin dilakukan selama awal Ramadan ini adalah melakukan operasi pasar dengan mengirimkan 150-300 Dus/Karton Minyak goreng ke 7 pasar tradisonal di Kabupaten Gresik.

“Kita (Diskoperindag) juga rutin melakukan operasi pasar, dengan mengirimkan 150 dus minyak goreng ke 7 pasar tradisional se Kabupaten Gresik, setiap harinya,” jelasnya.

“Khusus untuk pasar tradisional yang di Dukun, kita suplay 300 dus Minyak karena disana pedaganganya banyak,” sambungnya.

Fardah juga menambahkan, Diskoperindag akan selalu berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait. Selain bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Dinas Pertanian Gresik, juga dengan Komisi II DPRD Gresik.

Ditanya bagaimana mekanisme update harga kebutuhan pokok di pasar, Dia mengaku sudah punya tim yang setiap hari melaporkan melalui aplikasi yang tersedia sehingga harganya selalu terpantau.

“Untuk cek harga kita tinggal buka lewat online. Disetiap pasar sudah ada yang melaporkannya (mengisi data lewat aplikasi),” pungkasnya.(Ron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait