Kades Kandangan Puji Sumbangsih PT BSI Dalam Program CSR

  • Whatsapp

BANYUWANGI – Riyono, SH, Kepala Desa (Kades) Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, memuji sumbangsih tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI) untuk masyarakat dan desanya.

“Alhamdulillah, kontribusinya sangat baik dan terus berjalan,” katanya, Senin (24/6/2024).

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, tersebut memang rajin menyalurkan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) atau yang biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR).

“Khusus di Desa Kandangan, PT BSI telah menyalurkan banyak program PPM,” cetusnya.

Diantaranya, masih Riyono, program beasiswa untuk siswa berprestasi guna melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Termasuk program infrastuktur pavingisasi dan penyaluran hewan kurban.

“Bahkan manfaat keberadaan pelaku investasi PT BSI ini juga dinikmati oleh desa-desa Se Kecamatan Pesanggaran. Kecamatan Siliragung dan masyarakat di Kabupaten Banyuwangi lainnya,” beber Riyono.

Tak berhenti disitu, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG) tersebut juga menyalurkan program PPM dalam bentuk bantuan anggaran Rp500 juta kepada 5 desa diwilayah Kecamatan Pesanggaran. Termasuk Desa Kandangan.

Dengan anggaran itu, tentunya masing-masing desa dapat melakukan percepatan dalam membangun memajukan desa serta mendorong kesejahteraan masyarakat. Baik dengan menelurkan program pemberdayaan maupun pembangunan infrastuktur diwilayah masing-masing.

Untuk contoh kongkrit pembangunan infrastuktur di Desa Kandangan, yang dilakukan dari anggaran program PPM PT BSI adalal pembangunan jembatan di Kampung Kalibuyuk. Jembatan penghubung ke destinasi wisata Pantai Ponco Moyo, yang diresmikan pada Kamis, 28 September 2023, itu dibangun dengan biaya Rp375 juta. Dan keseluruhan berasal dari program PPM PT BSI.

“Harapan kami, PT BSI bisa terus memberi manfaat kepada masyarakat khususnya diwilayah ring satu Kecamatan Pesanggaran dan Kabupaten Banyuwangi,” cetus Riyono.

Penting diketahui, wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, meliputi Desa Kandangan, Sarongan, Sumberagung, Sumbermulyo dan Pesanggaran.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG) tersebut telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi produksi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan pesanggaran, Banyuwangi.

Sebagai pelaku investasi, PT BSI terus menancapkan komitmennya kepada masyarakat. Program PPM terus digelontorkan dengan 8 program utama. Meliputi program bidang pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil atau pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, pembentukan lembaga komunitas dan infrastruktur. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait