Kadis Pertanian dan Perkebunan Sumbawa Minta Dukungan HMS Untuk Memperjuangkan Program Upland Bawang Merah

  • Whatsapp

Sumbawa Besar NTB.beritalima.com|
Program Upland Bawang Merah bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI berupa bantuan Hibah dari Roma dan Riyad. Untuk Indonesia didapat oleh 13 kabupaten dan Kota, NTB dua kabupaten yakni kabupaten Lombok Timur dan Sumbawa.

Informasinya kabupaten Lombok timur itu bawang putih dan kabupaten Sumbawa bawang merah. Demikian disampaikan kepala dinas pertanian Sumbawa Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa Ir. Ni Wayan Rusmawati, M. Si, pada Kamis, 21 Juli 2022.

Kata dia, diharapkan kepada HMS tetap mendukung program ini demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa dalam agar tak selalu berpatokan pada penanaman padi dan jagung saja. Pasalnya, penanaman bawang merah ini hanya dibutuhkan waktu dua bulan saja. Sementara padi dan jagung itu 4-5 bulan,” ucap Ni Wayan.

“Dukungan HMS untuk memperjuangkan program Upland Bawang Merah di Tahap II untuk tahun 2025 seterusnya sangat diperlukan demi kesejahteraan masyarakat tani bawang merah kabupaten Bima, apalagi di tahap I ini mereka telah benar benar menikmati,” tegas Ibu Kadis.

Dikatakan Ni Wayan, adapun program ini terealisasi sejak tahun 2021 yang awalnya pembangunan sumur dangkar, Bor, penangkaran dan pengembangan untuk 385 Hektare itu tahap satu dan secara keseluruhan untuk tahun 2022 ini baru pembangunan sarananya dulu saja.

“Sementara untuk 800 hektare secara keseluruhan itu akan dituntaskan tahun 2023-2024 untuk 84 kelompok bagi 15 kecamatan tersebar untuk 35 Desa,” ungkapnya.

“Alhamdulillah untuk tahun ini para petani dari harga bawang Rp 47.000/kg para petani dapat meraih keuntungan hingga 200-300 bahkan 400 juta walau hanya dengan lahan 0,70 Are saja mereka juga dapat mendapatkan keuntungan besar,” tuturnya.

Ditambahkannya lagi, semua Koptan yang telah melaksanakan program Upland Bawang Merah sejak tahun 2021 lalu masyarakat tani asli kabupaten Sumbawa dan mereka telah menikmatinya. Untuk tahun 2022 ini, sarana dulu dipersiapkan baru pengembangannya dan lainnya,” tambah Ni Wayan.

Sementara itu, HMS mengungkapkan tetap akan mendukung program pertanian demi kesejahteraan masyarakat pulau Sumbawa umumnya dan kabupaten Sumbawa khususnya.

“Kepercayaan masyarakat dan kepentingan rakyat di pertanian dari pemerintah pusat akan tetap dirinya perjuangankan dan usahakan,” janji HMS.

“Kami ada, dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat, ” jelas HMS selama ada di DPR pasti akan selalu berjuang untuk masyarakat.(Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait