KDPP Babel Laporkan ke Panwaslu kota Pangkalpinang

oleh -200 views
KDPP Babel Laporkan ke Panwaslu kota Pangkalpinang atas Temuan Dugaan Pelanggaran Kampanye Pilkada Pangkalpinang, Kamis (15/3/18) siang

BERITALIMA.COM | PANGKALPINANG – Selama gelaran tahapan Kampanye banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang.
Untuk itu, Kamis (15/3/18) Komite Demokrasi Pegiat Pemilu (KDPP) Bangka Belitung mendatangi kantor Panwaslu kota Pangkalpinang sekitar pukul 14.40 wib.
“Kedatangan kita dari KDPP Babel ke Panwaslu kota Pangkalpinang adalah untuk melaporkan pantauan maupun temuan-temuan kita dilapangan selama tahapan kampanye Pilkada Pangkalpinang berlangsung,” ungkap Feryandi komeng Kordiv Pendidikan dan Pengawasan KDPP Babel, Kamis (15/3/18) kepada wartawan di kantor Panwaslu Pangkalpinang.
Kita ingin agar dalam tahapan kampanye ini media massa, media elektronik/media online dapat memberitakan kegiatan kampanye Paslon secara adil dan berimbang.
Berdasarkan pantauan dan temuan kita ada beberapa media online yang hanya memberitakan satu paslon saja padahal dalam PKPU No 4 tahun 2017 sudah diatur bahwa media massa, media elektronik dapat memberitakan kegiatan kampanye masing-masing paslon namun wajib menggunakan asas keadilan dan kesamaan dalam hal pemberitaan.
Selain itu, kita juga masih menemukan dugaan pelanggaran stiker yang dipasang pada kendaraan melebihi batas ukuran sesuai ketentuan aturan dalam PKPU No 4/2017.
“Masih bertebaran di media sosial terutama facebook akun-akun yang kami duga tidak terdaftar di KPU atau kami sebut akun tidak resmi yang melakukan kampanye via facebook,” tegas mantan anggota Panwaslu ini.

KDPP Babel Temukan Dugaan Tindak Pidana Pemilu Money Politic


Selain itu, KDPP Babel menemukan beberapa dugaan pelanggaran lagi, salah satunya adalah dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu/pilkada money politic.
“Saat ini kita tim KDPP Babel dalam tahap melakukan kajian-kajian awal terhadap temuan baru kita mengenai dugaan tindak pidana pemilu tersebut. Insya Allah akan kita laporkan segera ke Panwaslu Pangkalpinang, kalau sudah selesai kajian kita besok pagi (red, Jumat) atau Sabtu pagi kita laporkan ke Panwaslu,”tandasnya Feryandi Komeng, Kordiv Pendidikan dan Pengawasan pada Komite Demokrasi Pegiat Pemilu (KDPP) Babel. [Dan]