Khasiat Buah Bawang Putih

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Di saat istriku lagi masak aku melihat masakan diberi bawang putih, Saya bertanya untuk apa?katanya sebagai penyedap masakan, tapi melihat Bu Mega sedang mengkerok badan bayi dengan bawang putih katanya anti masuk angin ,kurang nafsu makan.Bawang putih bukan sekadar bumbu dapur yang berfungsi untuk menguatkan rasa dan aroma suatu hidangan.berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan mungkin disebabkan oleh adanya kandungan allicin. Allicin inilah yang membuat bawang putih memiliki aroma menyengat.

Salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur tiap masyarakat Indonesia adalah bawang putih. Memasak tidak lengkap tidak lengkap rasanya jika tidak ada bawang putih alias berambang putih. Namun selain untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga ampuh menjaga kesehatan keluarga di rumah, lho! Apalagi jika dimakan mentah. Penasaran apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan?

ASAL USUL BAWANG PUTIH
Bawang putih adalah umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah. Berambang putih adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tapi juga tumbuh liat di Italia dan daerah selatan Perancis. Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Wikipedia

Lebih dari itu, bawang putih juga digunakan untuk pengobatan tradisional. Biasanya, bawang putih dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung dan sistem darah.Masalah kesehatan tersebut di antaranya adalah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, hingga pengerasan pembuluh darah.

udah bukan rahasia umum jika bawang putih memiliki banyak kandungan manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya dengan dikonsumsi dalam keadaan mentah. Manfaat makan bawang putih mentah secara dermatologis terbukti menangkal beberapa gangguan penyakit mulai dari flu batuk, radang.Bahkan sampai penyakit serius sekalipun, seperti kolesterol, kanker, dan sebagainya. Itulah sebabnya banyak orang yang secara khusus mengkonsumsi bawang putih sebagai obat atau pencegahan gangguan penyakit tertentu. Mengkonsumsi bawang putih memang bisa menjadi alternatif alami yang bisa dilakukan untuk mencegah beberapa penyakit.

Kandungan Nutrisi Bawang Putih :4,5 kalori1 gram karbohidrat,0,2 gram protein,0,1 gram serat,0,01 gram lemak
0,03 gram gula alami,5 milligram kalsium,1 milligram magnesium,11 miligram kalium,3% Mangan untuk kebutuhan harian tubuh,1% Selenium kebutuhan harian tubuh,Vitamin C sebanyak 0,9 miligram atau setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh,Zat besi 0,05 miligram atau setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh
Tembaga, vitamin B1, dan fosfor

MANFAAT BAWANG PUTIH
1. Menangkal Pilek, Batuk, Dan Radang
2. Mengobati Jerawat Membandel
3. Mengatasi Rambut Rontok
4. Menurunkan Kolesterol
5. Mengendalikan Tekanan Darah
6. Menjaga Kesehatan Jantung
7. Menawarkan Efek Antiradang
8. Meningkatkan Kesehatan Tulang
9. Menjegah Alzheimer Dan Demensia
10.Menurunkan Resiko Penyakit Kanker
11. Mengatasi Impotensi
12. Meningkatkan Kesuburan
13. Meningkatkan Performa Olahraga
14. Melawan Bakteri Dan Jamur
15. Meringankan Keracunan Timah
16. Menjaga Kesehatan Otak

SEBERAPA BANYAK KOMSUMSI BAWANG PUTIH .?
Karena khasiatnya yang bisa dibilang mujarab seharusnya tidak membuat kita terlalu kalap atau berlebihan dalam mengkonsumsi bawang putih mentah. Sebenarnya tidak ada anjuran yang paten dalam menentukan seberapa banyak kita harus mengkonsumsi bawang putih mentah. Jika kita memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan serius, maka bisa makan 1-4 siung bawang putih per harinya. Hal tersebut dikemukakan oleh para ahli dari University of Maryland Medical Center.

Namun hal itu bisa bermasalah jika anda memiliki gangguan percernaan karena bawang putih mentah dapat memperparahnya. Selain itu Grameds juga harus berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi bawang putih mentah jika memiliki keluhan alergi, asma, tekanan darah rendah, bisul, akan melakukan prosedur operasi, atau masalah tiroid. Anda juga dihimbau mengurangi konsumsi bawang putih jika sedang mengkonsumsi sejumlah obat, seperti Pil KB, Isoniazid (Nydrazid, Cyclosporine, Obat HIV/AIDS, Obat anti nyeri NSAID, dan obat pengencer darah (Warfarin).

Perlu anda perhatikan jika gemar makan bawang putih mentah karena bisa berbahaya jika mengkonsumsinya terlalu banyak. Yang akan paling terasa saat mengkonsumsi bawang putih mentah adalah mulut terasa pana, diare, mual dan bau mulut atau bau badan. Jadi konsumsi bawang putih mentah tersebut secukupnya saja agar nutrisi bumbu dapur ini bisa optimal diserap tubuh.
Sekilas info,semoga bermanfaat
RobertoNews1238 《15.2.22(07.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait