KKP Optimalkan Pemberdayaan Pengembangan dan Diversifikasi Usaha Bagi keluarga dan Nelayan di Pamekasan

  • Whatsapp
Caption : Direktur Perizinan dan Kenelayanan Ridwan Mulyana, Bersama Para Keluarga Nelayan Usai Memberikan Sambutan.(Reporter Andy.k).

PAMEKASAN, Beritalima.com| Sebagai Negara maritim, Indonesia berkomitmen mewujudkan pengelolaan sektor perikanan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Termasuk di dalamnya, peningkatan kesejahteraan nelayan dan pendapatan negara dalam sektor kelautan dan perikanan.

Guna mengoptimalkan subsektor perikanan tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melaksanakan pelaksanaan program Pemberdayaan nelayan melalui pengembangan
usaha nelayan. Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap melaksanakan kegiatan pengembangan dan diversifikasi usaha nelayan dan keluarganya.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut berlangsung di Kabupaten Pamekasan, hari/tanggal Kamis – Jumat / 07 – 08 Oktober 2021, tepatnya di Gedung pertemuan Vihara, Desa Polagan, Kecamatan. Galis,Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur
.

Direktur Perizinan dan Kenelayanan Ridwan Mulyana, meminta masyarakat dapat berkontribusi serta mendukung program-program dan terobosan dalam bidang tersebut. Karena kegiatan Seminar kali ini sangat bermanfaat bagi para nelayan khususnya di kabupaten Pamekasan.

“Tujuan dari terselenggaranya kegiatan hari ini adalah menciptakan penghasilan tambahan atau penghasilan alternatif untuk keluarga nelayan di masa pandemi covid-19,”ujarnya kepada beritalima.com usai mengisi sambutan di Gedung pertemuan Vihara. Kamis( 07/10/2021),pagi

Ditambahkan olehnya bahwa nantinya setelah mendapatkan beberapa ilmu dari hasil pelatihan ini para keluarga nelayan dapat menerapkan di rumah masing-masing. Supaya bisa menghasilkan nilai tambah buat keluarganya.

“Pelatihan ini khusus para Ibu-ibu nelayan akan diarahkan bagaimana untuk bisa membuat hasil produksi seperti budidaya lele, membuat garam sehat dan pembuatan batik rekopril dan lainnya. Hal ini nantinya bisa dapat tambahan penghasilan sendiri di kala para suaminya sedang melaut dan ibunya bisa berproduksi,”jelasnya, Ridwan Mulyana.

Lanjut Ridwan Mulyana,melihat para nelayan maupun keluarganya sangat tampak antusiame sekali. Apalagi pemateri yang dihadirkan sudah kompeten dengan bidang masing-masing.

“Kami ucapkan banyak terima kasih berkat dukungan dan kerjasama Kabupaten Pamekasan, Dinas Kelautan, Polri dan toko masyarakat sekitar,”imbuhnya.

Di tempat yang sama ketua Kelompok Nelayan Sarkawi, mengucapkan banyak terima kasih kepada KKP, yang telah memberikan pelatihan dan bantuannya.

“Kami ucapkan banyak terima kasih, dan jujur kami sangat terbantu dengan adanya pelatihan Pemberdayaan Pengembangan dan Diversifikasi Usaha Nelayan di Pamekasan,”ucapnya.

Dirinya mengaku sangat mengapresiasi sekali, apalagi sekarang musimnya pandemi covid-19. Dimana para nelayan banyak tidak beraktivitas. Dengan adanya ini maka kelompoknya merasa terbantu sekali.

“Kami siap meneruskan untuk proses mengembangkan bersama kelompok, kami harapkan nanti kalau ada pelatihan lagi bukan cuma kelompok yang di undang tapi juga di luar kelompok nelayan di ikut sertakan, biar juga bisa ber industri dan mendapatkan ilmu serta tambahan penghasilan ke depan,” harap dan pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait