Komandan PMPP TNI Terima Kunjungan Kehormatan Wakil Sekjen PBB urusan Pasukan Perdamaian

  • Whatsapp

Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian TNI (PMPP TNI) Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus menerima kunjungan kehormatan United Nation Under Secretary General Peacekeeping Operation (UN USG PKO)- Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Pasukan Pemelihara Perdamaian, Mr Jean Pierre Lacroix di Markas Komando PMPP TNI, Bukit Merah Putih, Sentul, Bogor, Selasa (25/6/2019).

Komandan PMPP TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M. Bus dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan kehormatan Mr Jean Pierre Lacroix. Kunjungan kehormatan ini menjadi momentum penting bagi TNI khususnya dalam upaya meningkatkan peran para prajurit pemelihara perdamaian untuk berperan aktif dalam perdamaian dunia.

“Kunjungan Wasekjen PBB ke PMPP TNI adalah sebuah investasi nyata dalam membantu TNI meyakinkan dunia bahwa Indonesia sangat siap dan serius untuk berperan aktif dalam perdamaian dunia”, tutur Komandan PMPP TNI.

Dalam sambutan balasannya Mr Jean Pierre Lacroix menyatakan apresiasi dan keyakinannya bahwa Indonesia bukan saja hanya mampu mempersiapkan pasukan pemelihara perdamaian, lebih dari itu Indonesia dapat menjadi model dan tempat berbagi pengalaman bagi negara negara di kawasan dalam upaya mempersiapkan pasukan mereka untuk berpartisipasi dalam menjaga perdamaian dunia.

Sementara itu dalam sesi briefing kepada pasukan Stand by Force TNI, Mr Jean Pierre Lacroix menyampaikan bahwa tantangan tugas pemelihara perdamaian pada saat ini sudah sangat komplek dan dinamis. Oleh sebab itu, pre-deployment training bagi pasukan pemelihara perdamaian sangat krusial dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan di lapangan.

Lebih lanjut Jean Pierre Lacroix mengatakan selain itu kehadiran para prajurit wanita pemelihara perdamaian dalam mengemban tugas sebagai pasukan perdamaian sangat diperlukan pada saat ini. Indonesia dalam hal ini telah berhasil menugaskan para prajurit wanita pemelihara perdamaian dengan sangat baik. “Mereka sangat profesional dan dapat membantu tujuan operasi perdamaian dengan efektif”, kata Mr Jean Pierre Lacroix

Dalam sambutan penutupnya Mr Jean Pierre Lacroix menyampaikan bahwa Indonesia sangat siap dan professional dalam menerjunkan pasukannya dalam misi perdamaian PBB, sehingga hal ini menjadi referensi bagi negara negara lain dalam melakukan penyiapan pasukan perdamaian.

Kunjungan kehormatan ke Markas PMPP TNI, Mr Jean Pierre Lacroix didampingi oleh UN Resident Coordinator United Nations Office in Indonesia Ms. Anita Nirody, UN Liaison Officer to ASEAN, Asia-Pacific Division of the UN Departments of Political and Peacebuilding Affairs and Peace Operations Mr. Mark Harris, Special Assistant to the United Nations Under-Secretary-General for Peacekeeping Operations Mr. Alexis Berthier, dan Head of Indonesia Country Office of the United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs Ms. Victoria Saiz.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *