Komisi V DPR RI Dukung Pengadaan Helikopter SAR Untuk Bangka

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Anton Sukartono Suratto memastikan, pihaknya mendukung penuh usulan pengadaan helikopter untuk Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Alasannya, jika terjadi musibah tentunya membutuhkan cara yang cepat untuk tiba di lokasi dan melakukan evakuasi. “Helikopter harus ada, jangan sampai ketika ada musibah terlambat. Basarnas ini tugasnya mengangkat orang, bukan mayat. Makanya diperlukan peralatan yang cepat, alat yang canggih dan efisien.”

Hal tersebut dikatakan politisi Partai Demokrat tersebut ketika dipercaya memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, kemarin.

“Usulan pengadaan sarana dan prasarana dari Basarnas Babel tersebut bakal disampaikan Komisi V DPR RI langsung kepada Kepala Basarnas Muhammad Syaugi,” kata politisi kelahiran Bandung 15 Maret 1974 tersebut.

“Saya minta surat (usulan) juga diberikan ke kami agar ada dasar pembahasan kami di pusat. Insya Allah semua usulan akan kami sampaikan ke pusat,” janji wakil rakyat dari Dapil V Provinsi Jawa Barat ini.

Sebelumnya, Kepala Kantor Basarnas Pangkal Pinang, Dadang Prihandoko meminta dukungan sarana dan prasarana berupa pengadaan helikopter. Dia menjelaskan, Babel memiliki luas wilayah yang didominasi laut dan kepulauan, sehingga keberadaan helikopter sangat dibutuhkan untuk cepat menjangkau wilayah kepulauan.

“Kami membutuhkan helikopter, untuk memudahkan dalam menjangkau wilayah. Wilayah Babel yang kepulauan juga dilewati beberapa jalur baik penerbangan maupun kapal laut. Kami berharap, bapak-bapak di Komisi V DPR RI dapat membantu agar SAR Pangkal Pinang bisa memiliki helikopter,” harap Dadang.

Harapan senada juga diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Babel KA Tajuddin. Dikatakan, Gubernur Babel pernah mengusulkan pengadaan helikopter kepada Basarnas pusat. Namun, hingga kini belum ada respon atas permintaan tersebut.

Selain menggelar pertemuan dengan mitra kerja terkait, Tim Kunspek Komisi V DPR RI juga meninjau progres pengembangan Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, berupa pembangunan terminal kargo dan pengembangan terminal bandara. Dari hasil pantauan di lapangan, progres pembangunan terminal kargo cukup signifikan. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *