Kopi “Welas Asih”, Perjuangan Indra Untuk Puluhan Disabilitas Agar Tetap Mandiri

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Usai mendapat cobaan hidup yang begitu berat menimpa Seorang pengusaha muda Indra Imam Wahyudi (33) hingga harus kehilangan kaki dan istrinya. membuat dirinya semakin tangguh dalam melanjutkan kehidupan.

Tak hanya itu saja. Indrapun berjuang untuk teman – teman disabilitas lainnya yang ada di situbondo untuk pantang menyerah serta terus berusaha.tanpa harus meminta belas kasihan orang lain.

“Akibat dari musibah yang saya alami, saya tidak bisa meneruskan usaha dalam jual beli rosokan (Markenyot) karena modal untuk usaha buat biaya rumah sakit. dari kejadian tersebut saya mencoba mengajak teman yang senasib dengan saya untuk tetap mandiri. dengan berwirausaha seperti jual kopi, kripik dan masih banyak lainnya,” Ucap Indra. Senin (05/02).

Indrapun menceritakan bagaimana awal dirinya di kasih 2 kg biji kopi, yang kemudian diolah menjadi kopi siap seduh dan diberi nama “Kopi Welas Asih”. yang kemudian dikelola dan dipasarkan secara dor to dor oleh penyandang disabilitas lainnya.

Bahkan menurut Indra. kopi ” Welas Asih” bukan sekedar kopi biasa, hanya biji kopi yang sudah merah saja yang sengaja diambilnya dicampur denga rempah – rempah. Dalam hal menyangraipun indra menggunakan kayu bakar dan turun tangan sendiri untuk terus menjaga kwalitas dari kopi Welas Asih.

“Kami jual kopi “Welas Asih” dengan harga Rp 10 ribu isinya 1.000 gram. setiap harinya kami menghabiskan 10 Kg kopi. memang saya akui pendapatan yang kami dapat minim tapi pesan yang ingin kami sampaikan terhadap masyarakat luasl. bahwa kami bisa bekerja dan kami tidak mau meminta – minta,”Tegas Indra.

Selain disabilitas, banyak tuna rungu, dan tuna netra sudah bergabung dengan komunitas Welas Asih,”Saat ini “Welas AS h” belum memiliki badan hukum karena keterbatasan biaya, harapan kami ada donatur yang membantu dalam pembuatan badan hukun Yayasan Welas Asih. selain itu kami harap pemerintah Kabupaten Situbondo membantu ijin resmi untuk produk kami secara gratis,”Harapnya.

Setiap anggota Welas Asih berkeliling menjajakan Kopi,kripik, Pijat kesehatan bahkan bekerja sebagai sortir rosokan.(joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *