KPU Kota Ternate Uji Coba Applikasi “Sirekap”

  • Whatsapp

TERNATE, BeritaLima.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate melaksanakan uji coba secara nasional penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota Ternate tahun 2020.

Uji coba ini diikuti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 8 Kecamatan Se-Kota Ternate dan berlangsung di Aulla Kantor KPU Kota Ternate selama 3 hari sejak tanggal 24-26 November 2020.

Komisioner KPU Kota Ternate Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Kuad Suwarno kepada beritaLima.com, Kamis (26/11/2020), mengatakan uji coba hari pertama dimulai dengan materi kemudian dilanjutkan pengisian jenis-jenis form dan penginstalan aplikasi Sirekap untuk diuji cobakan.

“Penggunaan aplikasi ini lebih dulu diperagakan oleh operator KPU Maluku Utara dan Kota Ternate yaitu Pak Fadli, Pak Eko dan Ibu Tri,” terang Kuad

Dia, Kuad Suwarno menambahkan untuk hari pertama dan kedua PPK Se-Kota Ternate masih melakukan uji coba aplikasi Sirekap Mobile dan Sirekap Web.

Sementara pada hari terakhir lanjut Kuad, dimulai dengan simulasi Sirekap secara Offline dan evaluasi simulasi pungut hitung dan penggunaan aplikasi Sirekap.

“Evaluasi ini supaya kita bisa deteksi lebih awal sehingga meminimalisir kesalahan pada saat pungut hitung dan penggunaan Sirekap,” ungkap Kuad

Terpisah, Ketua KPU Kota Ternate M. Zen A. Karim juga menuturkan bahwa, uji coba secara nasional ini diikuti oleh KPU kabupaten/kota se-indonesia termasuk kota Ternate melalui Zoom Cloud Meeting.

Zen menyebutkan, pelaksanaan Pilkada Kota Ternate nanti terdapat 422 TPS yang tersebar di 8 Kecamatan.

“Petugas KPPS juga dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah penyebaran Covid-19,” singkat Zen. [Ilham M. Mansur]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait