Kunjungan Kerja di Kepulauan Sula, Pangdam XVI Pattimura Dorong Pembangunan Kodim

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima.com – Kodam XVI Pattimura berencana akan membentuk Komando Distrik Militer (Kodim) di Taliabu. Rencana pembentukan Kodim tersebut disampaikan langsung Panglima Kodam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam kunjungan kerja di Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara (Malut), Rabu (20/11).

Kedatangan jendral bintang dua tersebut disambut oleh Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes, Dandim 1510 Sanana Letkol Inf. Karona Susilo. Wakapolres Kepsul, Kompol Arifin La Ode Buri, Sekda Kepsul, Safrudin Sapsuha bersama sejumlah pejabat Pemda Kepsul.

Setelah melewati ritual injak tanah, Pangdam langsung dibawah ke Istana Daerah (Isda) untuk menggelar pertemuan dengan semua elemen termasuk kepala desa di kepulauan Sula

Pangdam dalam kesempatan itu menuturkan, kehadirannya ke Kepsul sebagai mitra bagi pemerintah. Dia menjelaskan, tujuannya datang ke jajaran Kodim di Kepsul sekaligus memastikan langsung kondisi Kodim 1510 Sanana serta mempercepat pembentukan Kodim yang baru yakni di Taliabu. “Makanya kita sangat berharap ada dukungan baik dari pemda, ”ujar Marga.

Marga mengungkapkan, untuk Maluku maupun Malut sendiri saat ini masih kekurangan personil. Untuk itulah, dirinya berharap putra daerah di Malut bisa menjadi bagian dari TNI yang akan ditempatkan kembali ke desanya masing – masing.

Apalagi lanjutnya, khusus Maluku dan Maluku Utara baru terdapat 10 Kodim atau masih kurang 11 kodim. ”Bahkan untuk satu desa mestinya ada satu Babinsa justru yang terjadi satu Babinsa menangani 5 desa, kan kasiang juga anggotanya, ”ujarnya.

Untuk itu lanjutnya, kehadiran TNI di masyarakat saat ini juga menjadi kebutuhan. Sehingga pihaknya mengirim satgas teritorial di beberapa daerah sebagai cikal-bakal dibentuknya Kodim. “Makanya saya sambil jalan ini juga untuk menyampaikan niat-niat ini agar turut dibantu oleh pemerintah seperti lahan, “ujar Marga

Sementara, Bupati Kepsul Hendrata Thes mengaku bersedia membantu TNI dalam hal menyiapkan lahan maupun pembanguan. Hanya saja kata Hendrata saat ini pemda tenga mengalami devisit anggaran sehingga beberapa program Kodim belum bisa terealisasikan.

”Kemudian di beberapa kecamatan seperti Sulabesi Selatan akan dibuat Pos Koramil, tetapi kita pastikan akan datang kita tetap akan memprioritaskan, ”pungkas Hendrata. [DN]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *