“Lamak Teker” Program Inovasi Pendidikan di Sumenep

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Drs. Bambang Irianto, MSi.

SUMENEP, beritalima.com| Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep memiliki konsep jitu dalam pelaksanaan pendidikan berbasis Karakter yakni Sekolah Ramah Anak, Toleran dan Berkarakter (Lamak Teker). Konsep ini diterapkan dalam rangka mengurangi tingginya kenakalan remaja khususnya di kabupaten Sumenep.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Drs Bambang Irianto, MSi. menyampaikan, bahwa pihaknya meluncurkan program Lamak Teker yang dimaksud adalah Sekolah Ramah Anak, Toleran dan Berkarakter.

“Program tersebut nantinya diharapkan akan membentuk watak anak didik yang cerdas, pintar dan berakhlakul karimah,” kata Bambang, Selasa (18/6/2019).

Menurutnya, program Lamak Teker itu untuk peningkatan mutu pendidikan di semua kecamatan di wilayah Sumenep.
“Program ini diluncurkan sebagai upaya kita untuk tidak melupakan kearifan lokal Sumenep yang memang merupakan daerah yang tidak bisa dipisahkan dengan pesantren,” kata mantan Kepala Dinas PU. Cipta Karya itu.

Dikatakan, Untuk sementara target dari program Lamak Teker itu untuk siswa SD di wilayah sumenep. “Nanti akan kita laksanakan sampai jenjang pendidikan selanjutnya,” katanya.

Bambang menjelaskan, bahwa penerapan Lamak Teker itu menjadi dua bagian yaitu berbasis lokal dan pesantren.
“Basis pesantren ini, ada pemisahan kelas antara putra dan putri, selain itu juga pembacaan ayat suci surat yasin sebelum memulai pelajaran, dan wajib diniyah 3 kali dalam seminggu selama 2 jam tatap muka,” imbuhnya.

Sedangkan penerapan berbasis lokal kata dia, setiap hari Selasa semua lembaga pendidikan harus menggunakan Bahasa Madura. Dan dalam satu minggu pembelajaran, lima hari akademik dan satu hari non akademik.
Nantinya para siswa akan diajak kreatif, mulai menggambar, mengarang dan kemampuan soft skil lainnya.

“Kami harapkan semua peserta didik saat ini harus pintar mengaji dan paham tentang agama, sehingga tercipta pendidikan yang aman, tentram dan sejahtera,” harapnya.

Sedangkan program unggulan dinas pendidikan kabupaten Sumenep saat ini berupa, Berbasis IT : DIGITAL SCHOOL, Akhlaqul Karimah : LAMAK TEKER, dan SIMANTAP (Sistem Informasi Pelayanan Pendidikan Terpadu).

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *