Launching Desa UMKM Ditandai Tabuh Gong Sebanyak 9 Kali oleh Bupati dan Kepala Desa Ponteh di Pamekasan

  • Whatsapp
Bupati Baddrut Tamam, Didampingi oleh Kepala Desa Ponteh, Nansi Pritadora dan Pimpinan OPD, Forpimka, Ketua MUI kecamatan Galis, Ketua Perkasa Kabupaten Pamekasan saat Melaunching Desa UMKM Desa Ponte. Minggu(18/12/2022),pagi dengan ditandai Tabuh Gong.

PAMEKASAN, Beritalima.com| Bupati Pamekasan Baddrut Tamam didampingi oleh Kepala Desa Ponteh Nansi Pritadora melaunching Desa UMKM yang bertempat di Balai Desa Ponteh, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Launching Desa UMKM tersebut ditandai dengan Tabuh Gong sebanyak 9 kali oleh orang nomor satu di Kabupaten Pamekasan yakni Bupati Baddrut Tamam, bertanda telah diresmikannya kegiatan Bazar UMKM di desa Ponteh.

Bacaan Lainnya

“Dengan Mengucap Bismillah, saya nyatakan kegiatan Bazar UMKM Desa Ponteh resmi di Buka untuk Umum,”ungkapnya sebelum menabuh Gong di atas panggung Balai Desa Ponteh Kecamatan Galis. Minggu(18/12/2022),pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan, Asisten Pemerintahan dan KESRA,Kepala Organisasi Perangkat Daerah,FORPIMKA Kecamatan Galis,ketua Perkasa Kabupaten Pamekasan, seluruh Tokoh Masyarakat / Tokoh Agama
Desa Ponteh dan Danramil- Kapolsek, Instansi terkait di Kecamatan Galis.

Dalam sambutannya Kepala Desa Ponteh Nansi Pritadora menyampaikan, maksud dan tujuan diselenggarakannya
launching Desa UMKM di Desa Ponteh dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Juga kegiatan ini merupakan strategi pemerintah Desa Ponteh dalam memfasilitasi dan mendukung
pelaku UMKM dengan harapan tumbuh dan
berkembang secara mandiri.

“Menurut hemat kami ada beberapa hal yang menginisiasi atau inovasi dalam mendukung peningkatan ekonomi di desa,seperti program prioritas Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam peningkatan ekonomi yaitu program desa tematik,”ucapnya.

Lanjut kepala Desa ponteh Nansi Pritadora menjelaskan, kegiatan Desa UMKM ini sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023.

“Kami kepala desa dan seluruh
perangkat sangat bersyukur atas partisipasi aktif dari masyarakat dalam berwirausaha. meskipun kami dari desa, kami ingin mewujudkan perekonomian
yang lebih baik dengan semboyan “Dari Desa untuk Negeri”,”tambahnya.

masih kata Kepala Desa Ponteh, sebagaimana Bapak Bupati Pamekasan
dalam kepemimpinannya telah mencanangkan
program untuk meningkatkan ekonomi, salah satunya adalah “Sepuluh Ribu Wirausaha Baru(SAPU TANGAN BIRU).

“Maka dari itu sebagai bentuk
respon dari Pemerintah Desa kami juga ingin mewujudkan wirausaha baru di tingkat desa,” sambungnya.

Selanjutnya, PERMENDES PDT dan
Transmigrasi terbaru mengamanatkan dana desa diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, serta mitigasi dan penanganan bencana alam maupun non-alam.

Oleh sebab itu, jelas kiranya program launching UMKM Desa ini dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Ponteh mengingat desa Ponteh memiliki komunitas UMKM yang cukup banyak sehingga dapat terwujud.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada
seluruh undangan terutama kepada Bapak Bupati Pamekasan yang telah berkenan hadir, dengan segala kerendahan hati, kami sebagai manusia biasa mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila
dalam pelaksanaan kegiatan ini kurang sesuai dengan harapan bapak/ibu sekalian. Dan mohon selalu bimbingan serta arahan kepada bapak bupati untuk bisa memotivasi kami ke depan agar Desa Ponte lebih maju dan maju,”tandas Kepala Desa Ponteh.

Di tempat yang sama Bupati Pamekasan, akan selalu mendukung program desa demi kemajuan program SAPU TANGAN MERAH,

Selain itu kata Bupati selaras dengan meningkatkan kemajuan Ekonomi Desa Ponteh menjadi penunjang proritas utama untuk mengembangkan desa UMKM.

“Tentunya program Desa UMKM ini, juga menjadi program unggulan bagi Perintah Kabupaten Pamekasan. Selaras dengan program Desa Tematik, oleh sebab itu mari kita dukung Desa UMKM agar terus berkemajuan demi menumbuhkan prekonomian Masyarakat,”jelasnya.

“Mari saling rangkul tangan untuk kemajuan bersama, baru kemudian kita bersama-sama bekerja demi meningkatkan prekonomian masyarakat dan juga tingkatkan pelayanan maksimal kepada masyarakat,”pungkasnya.

Perlu diketahui bersama Desa UMKM Desa Ponteh ini memiliki banyak program unggulan dari masing- masing Dusun yang sudah di Bazar kan diantaranya Stand Miniatur. Stand ponteh acrylic, tingting kacang, sepongiro sate gule legend, kripik singkong, tape, susu kedelai simon pokak seruput jelly, kue basah tradisional dan lainya.

Adapun konsep Bazar Desa UMKM Desa Ponteh ini berdiri puluhan stand bazar UMKM yang siap melayani warga Pamekasan dan khususnya bagi warga Desa Ponteh dan sekitarnya.(AY)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait