LSM LIRA Jalin Kemitraan Dengan BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi rakyat (LSM LIRA) menjalin kemitraan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (Memorandum of Understanding) di Kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Senin (3/4/2017).

MoU tersebut ditandatangani Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis, dan Presiden LIRA, Olivia Elvira yang akrab disapa Olies Datau. Hal ini merupakan bentuk komitmen LSM LIRA untuk menuju anggota dan pengurus LIRA yang sejahtera.

E Ilyas Lubis dalam sambutannya mengatakan, sebagai LSM yang profesional dengan tagline ”Mendengar, Melihat dan Berbuat,” LIRA akan menjadi mitra yang strategis dalam mengemban misi besar, mensejahterakan masyarakat umumnya dan para pekerja pada khususnya.

Ada tiga hal yang menjadi prioritas bersama dalam kerjasama ini, antara lain menambah jumlah peserta baru BPJS Ketenagakerjaan, memaksimalkan keanggotaan yang telah ada, dan aktifasi keanggotaan yang sudah terdaftar namun tidak aktif.

“Diharapkan kerjasama ini juga meningkatkan kepesertaan tenaga kerja bukan penerima upah, yang merupakan potensi besar yang perlu digarap namun masih perlu sosialisasi secara menyeluruh dan melibatkan stakeholder yang ada,” kata Ilyas Lubis.

Olies Datau dalam sambutannya mengatakan, LIRA sangat mengapresiasi MoU ini sebagai langkah besar dalam memaksimalkan peran serta potensi masyarakat dalam mensukseskan program pemerintah dalam memberikan jaminan sosial tenaga kerja di Indonesia.

“Dengan jaringan LIRA yang telah ada saat ini, dipastikan kerjasama ini berdampak luas dalam upaya penyadaran masyarakat akan pentingnya BPJS Ketenagakerjaan, baik bagi tenaga kerja penerima upah maupun tenaga kerja bukan penerima upah,” ujar Olies Datau.

“Kami berharap kerjasama ini dapat disebarluaskan keseluruh wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia, sehingga para Gubernur, Bupati dan Walikota LIRA di seluruh Indonesia dapat langsung menindaklanjuti MoU ini,” lanjut dia.

Harapan lain, kata Olies Datau, kemitraan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan jaminan ketenagakerjaan kedepan serta menambah kepesertaan anggota baru sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Hadir mendampingi Presiden LIRA dalam acara tersebut adalah pengurus DPP LIRA, para Gubernur LIRA se-Indonesia, mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Riau, Banten, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Gubernur LIRA Jawa Timur, Soetrisno.

Selain itu hadir pula Ketua LSO LIRA, yaitu Ketua Umum Perempuan LIRA, Sekretaris Jenderal Pemuda LIRA, dan Ketua Umum Jaringan Mahasiswa LIRA (Jaringmahali). (Ganefo).

Teks Foto: Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis, bersama Presiden LIRA, Ollies Datau, serta para Gubernur LIRA se Indonesia.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *