LTMNU Kabupaten Sumenep Lauching Aksi BBM 1000 Masjid – Mushollah

  • Whatsapp
Launching BBM 1000 Masjid

SUMENEP, beritalima.com| Pada hari Selasa (29/12/ 2020), pengurus Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) PCNU Kabupaten Sumenep melaunching Aksi BBM 1000 Masjid dan Musholla” di Masjid Besar An-Nur desa Batuputih Laok, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep.

Aksi Launching BBM 1000 Masjid dan Mushollah ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan LTM NU PCNU Sumenep pasca terbentuknya kepengurusan yang baru di bawah komando cak wakit norussalam.M.Pd menggandeng banom NU, Banser (GP. Ansor) dan CBP (IPNU)Laziznu NU.

Bacaan Lainnya

Kegiatan BBM di awali dengan apel bersama. Bertindak selaku pemimpin Apel, Kasatkoryon Banser Kecamatan Batuputih. Apel dilanjut dengan sambutan dari Ketua PCNU Kabupaten Sumenep dan Ketua Majelis Wakil Cabang Kecamatan Batuputih.

Dalam sambutannya, Ketua PCNU Sumenep yang diwakili K.Zubairi Karim menyampaikan bahwa kegiatan Gerakan Bersih-Bersih 1000 Masjid dan Musholla ini merupakan launching pertama program LTMNU Sumenep. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya dimaksudkan untuk bersih-bersih semata, namun yang lebih penting dari itu adalah bagaimana menggerakkan warga masyarakat untuk menghidupkan Masjid dan Musholla yang ada di Kecamatan Batuputih, terutama dalam melaksanakan amaliyah Ahlussunnah Waljamaah an-Nahdhiyyah.

Beliau juga berharap agar Remaja Masjid (remas) bisa bersinergi dengan Takmir dalam memakmurkan masjid dan musholla di Kecamatan Batuputih.

Sambutan kedua disampaikan KH. Aliwafa. “Kegiatan Gerakan Bersih-Bersih 1000 Masjid dan Musholla ini bukan hanya dilaksanakan di Masjid Besar An-Nur saja, tetapi juga akan diteruskan ke seluruh Masjid dan Musholla di Kecamatan Batuputih. Kita akan instruksikan kepada seluruh Ranting Se MWC NU Batuputih agar melanjutkan kegiatan ini ke Masjid dan Musholla di desa masing-masing”. Tutur Ketua Majelis Wakil Cabang Kecamatan Batuputih ini.

Sebelum aksi Gerakan Bersih-Bersih 1000 Masjid dan Musholla dimulai, secara simbolis, Pengurus LTMNU Sumenep menyerahkan Cendera Mata, Jam dinding dan peralatan kebersihan kepada ketua Takmir dan ketua Remaja Masjid Besar an-Nur Batuputih sebagai bentuk kepedulian LTMNU Sumenep.

Wakit norussalam.M.Pd.I Ketua LTMNU PCNU Sumenep menuturkan bahwa gerakan tersebut digagas tidak lain sebagai langkah awal PC LTMNU kepada takmir masjid dan masyarakat untuk membangun kesadaran betapa pentingnya memelihara keberlangsungan masjid termasuk dalam hal kebersihan.

“Gerakan ini semoga menjadi pemantik dan inspirasi bagi takmir dan masyarakat setempat untuk tetap semangat dan istiqamah merawat masjid sebagai tempat ibadah dan kegiatan sosial kemasyatakatan.

Agar istiqamah dan bisa membangun sinergi yang kuat antara LTMNU dengan para pengurus takmir, pihaknya akan melaksanakan kegiatan BBM ini secara rutin yang bergilir dari satu masjid ke masjid lain.

“Ini akan kita lakukan secara rutin dan bertahap di masjid-masjid lain. Selain untuk menjaga kebersihan, juga terpenting hal ini juga bagian dari dakwah kita,” imbuh lelaki asal Ambunten ini.

Hal senada juga di sampaikan oleh Sekretaris LTMNU PCNU Sumenep, Tamam Huri, bahwa kegiatan yang akan dilaksanan berkelanjutan ini secara substansial memiliki tiga (3) capaian yang ditargetkan; pertama, pendataan masjid, kedua, labelisasi masjid dan ketiga, konsolidasi sekaligus pembinaan manajemen pengelolaan kemasjidan.

“Kami ingin memulai dan menata masyarakat khususnya Nahdliyin, salah satunya dimulai dari masjidnya, yang menjadi tempat ibadah setiap waktu,” ujar Mantan Wakil Sekretaris PCNU Sumenep periode 2015-2020 itu.
(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait