Mata Juling, Apa Ada Obatnya?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS *
Suat hari saya ke rumah Pak Ferryanto, saya merasa terkejut karena mata tak terfokus pada satu pandangan yakni mata juling sejsk kecil hingga sekarang dan udah berobat ke dokter tsk sembuh, lain hal dengan bu Titi
mata juling ke kiri kalau mau lihat orang badan harus miring kiri mata tak fokus.

Cerita mata juling atau strabismus adalah kelainan mata yang menyebabkan penyimpangan pada kedudukan bola mata, sehingga kedua bola mata tidak mampu melihat ke satu arah objek secara bersamaan. Penyakit mata ini membuat salah satu mata tetap lurus sementara mata yang lain mengarah ke arah yang berbeda.
Umumnya, mata juling lebih sering terjadi pada anak-anak. Faktor penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi diyakini ada keterkaitan dengan sistem saraf yang bertanggung jawab terhadap kontrol otot mata, tumor tertentu, benturan pada kepala atau penyakit mata yang lain.

Strabismus atau mata juling adalah kondisi saat posisi kedua mata tidak sejajar dan keduanya bergerak ke arah yang berbeda. Pada kondisi ini, salah satu mata biasanya mengarah depan, tapi mata yang lain bisa melihat ke samping, atas, atau bawah.Penyebab mata juling (strabismus) adalah kontrol otot mata yang tidak berfungsi dengan baik. Itu sebabnya, salah satu mata akan berfokus ke arah tertentu, sedangkan mata lainnya melihat ke arah yang berbeda.

Ada beragam hal yang bisa menjadi penyebab mata juling, mulai dari faktor genetik hingga gangguan pada otot mata. Hal tersebut menyebabkan posisi dan gerakan bola mata tidak normal, sehingga membuat penderitanya tampak seperti melihat ke dua arah yang berbeda.Mata juling atau strabismus merupakan kondisi ketika posisi kedua mata tidak sejajar dan melihat ke arah yang berbeda. Kondisi ini terjadi ketika otot-otot mata tidak bekerja sama dengan baik, sehingga posisi dan gerakan bola mata terganggu.
TANDA TANDA MATA JULING;
1. Mata juling pada saat melihat ke arah tertentu
2. Mata terasa sakit dan kaku
3. Mata sulit digerakan
4. Sakit kepala setiap berusaha fokus melihat
5. Penglihatan pada salah satu mata menuru

PENYEBAB MATA JULING
Sebenarnya, belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya mata juling. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya mata juling, yaitu:
1. Lumpuh otak atau cerebral palsy.
2. Cacat bawaan lahir atau kelainan genetik, seperti sindrom Prader-Willi, sindrom Down, dan sindrom Apert
3. Lahir prematur
4. Infeksi, seperti rubella, saat berada dalam kandungan
5. Tumor otak atau hemangioma di dekat mata
6. Penyakit Mata Juling pada Orang Dewasa

RESIKO MATA JULING PADA ORANG DEWASA
1. Masalah pada saraf dan otak
2. Kelainan refraksi mata
3. Cedera pada mata
4. Penyakit Graves

Gejala Mata Juling pada A. Anak Anak dan B. Dewasa
A. Mata Juling pada anak anak
1. Cerebral palsy
2. Tumor otak
3. Prematur
4. Kanker Retinoblastoma
5. Penyakit campak, dengan kondisi kesehatan umum yang buruk
B. Mata Juling pada dewasa
1. Tumor
2. Penyakit tiroid (penyakit grave)
3. Cedera otak
4. Cedera pada mata
5. Diabetes
6. Penyakit Guillain-Barre
7. Katarak

JENIS MATA JULING(STRABISMUS)
Strabismus terbagi ke dalam beberapa jenis. Klasifikasi mata juling ini dibagi berdasarkan ke arah mana mata melihat, antara lain:
1. Ke arah dalam (esotropia)
2. Ke arah luar (eksotropia)
3. Ke arah atas (hipertropia)
4. Ke arah bawah (hipotropia)

Berikut adalah beberapa jenis strabismus yang umum ditemukan.
1. Accommodative esotropia
Tipe strabismus ini merupakan yang paling sering ditemukan, terutama pada anak-anak berusia 2 tahun atau lebih. Esotropia akomodatif biasanya terjadi pada orang-orang yang menderita hipermetropi atau rabun dekat.

2. Intermittent exotropia
Jenis mata juling yang satu ini terjadi ketika kedua mata tidak dapat bergerak secara bersamaan. Salah satu mata akan fokus pada objek atau bergerak ke arah tertentu, sedangkan mata lainnya bergerak ke arah berbeda.

3. Esotropia pada bayi
Jenis lain dari strabismus adalah infantile esotropia. Mata juling ini biasa ditemukan pada bayi berusia di bawah 6 bulan. Kondisi ini ditandai dengan kedua mata yang bergerak ke arah dalam mata.Pergerakan mata ke arah dalam awalnya terjadi sesekali saja, tapi lama-lama akan berlangsung permanen.

PEBGOBATAN MATA JULING
Pengobatan mata juling bergantung pada tingkat keparahan, pilihannya bisa observasi atau tindakan tindak lanjut seperti operasi. Menurut Review of Ophthalmology, Michael Repka, MD, ahli mata di John’s Hopkins Children’s Center di Baltimore mengatakan, koreksi prisma dan pendekatan optik lainnya menjadi pilihan pengobatan utama untuk kondisi strabismus. Apabila tidak membuahkan hasil, pembedahan bisa dilakukan.
1. Latihan Otot Mata
Cara ini membantu mengobati mata juling pada orang dewasa yang terjadi ketika mata tidak mampu sejajar saat membaca atau bekerja. Latihan ini memfokuskan kedua mata pada benda dekat, seperti buku, jarum, hingga layar komputer.

2. Menggunakan Kacamata Prisma
Kacamata dengan prisma membantu memperbaiki penglihatan ganda ringan yang terkait dengan mata juling pada orang dewasa. Prisma merupakan sejenis lensa yang membantu membengkokkan atau membiaskan sinar cahaya yang masuk ke mata. Namun, kacamata prisma tidak mampu membantu memperbaiki penglihatan ganda yang sifatnya lebih parah.
Demikian sekilas info,semoga bermanfaat
RobertoNews1617《7.11.22(07.00)》

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait