Melatih Mandiri dan Tanggung Jawab, SDN Kecer 1 Gelar Perkemahan

  • Whatsapp
kegiatan perkemahan serta Pramuka untuk melatih anak/ siswa mandiri dan punya tanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan orang lan

SUMENEP, beritalima.com| SDN Kecer 1 Kecamatan Dasuk Sumenep Madura Jawa Timur menggelar kegiatan perkemahan serta Pramuka untuk melatih anak/ siswa mandiri dan punya tanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan orang lan.

SDN Kecer 1 menggelar kegiatan perkemahan dihalaman sekolah dengan peserta mulai dari kelas III hingga kelas VI. Berlangsung selama 3 hari sejak Jum’at 24 juni hingga Minggu 26 Juni 2021

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya orang muda yang suka berkarya. Gerakan Pramuka memiliki lambang Tunas Kelapa yang artinya tunas penerus bangsa. Tunas itu sendiri dianggap cikal yang akan bertumbuh, artinya Pramuka dimulai dari tunas yang akan terus berkembang dan keberadaannya dapat dirasakan oleh orang lain.

Bacaan Lainnya

SDN Kecer 1 menggelar kegiatan perkemahan dihalaman sekolah dengan peserta mulai dari kelas III hingga kelas VI. Berlangsung selama 3 hari sejak Jum’at 24 juni hingga Minggu 26 Juni 2021.

Giat juga di isi dengan pentas seni berupa penampilan yang bawakan oleh siswa – siswi SDN Kecer 1.

Juhari, SPd. Kepala SDN Kecer 1 mengharapkan, dalam sambutannya mengajak Pramuka sebagai perekat NKRI untuk bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal positif dalam kehidupan. Dengan begitu harapanya anggota Pramuka SD Kecer 1 kecamatan Dasuk akan memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Serta menjadikan manusia yang memiliki jiwa pancasila, setia dan patuh kepada negara ke-satuan republik indonesia. Juhari kemudian berpesan kepada seluruh Anggota Gerakan Pramuka untuk terus berkreasi dan berkarya. “Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan positif dan produktif, karena saya yakin generasi muda ini akan menjadi generasi yang unggul, hebat dan kreatif.
Juhari menyampaikan, Banyak sekali manfaat yang didapat olehnya dengan mengikuti kegiatan Pramuka. Antaranya adalah,
1. Disiplin
Saat anak mengikuti kegiatan Pramuka, pelajaran yang paling dasar adalah pembentukan karakter anak. Ia akan dilatih untuk menyiapkan dan melakukan apapun seorang diri tanpa dibantu orang tua. Ia juga akan dilatih untuk tepat waktu seperti saat bangun tidur, mandi, makan, belajar atau aktivitas lainnya. Anak yang dilatih disiplin sejak kecil akan terbiasa berdisiplin sehingga akan menjadi kebiasaan yang baik yang terbawa hingga ia dewasa dan dapat bekerja dengan hasil yang memuaskan karena kedisiplinannya tersebut.

2. Tanggung Jawab
Saat mengikuti kegiatan Pramuka, anak akan dituntut untuk bisa mengambil keputusan dalam hal apapun dan bertanggung jawab dengan keputusannya tersebut. Dalam kegiatan Pramuka, ia harus bertanggung jawab pada saat melakukan tugasnya. Misalnya saat membuat tenda mereka harus bertanggung dengan keselamatan tenda. Pada saat memasak, ia harus bertanggung jawab pada orang lain yang menikmati makanan tersebut. Saat berkemah ia juga belajar tanggung jawab dengan perlengkapannya masing-masing.

3. Mandiri
Banyak anak yang terbiasa dibantu oleh orang tua atau asisten rumah tangga untuk mengurus diri. Namun dengan mengikuti kegiatan Pramuka ia akan belajar untuk mengurus keperluannya sendiri. Dengan belajar mandiri akan membentuk karakter anak menjadi lebih baik dibanding dengan mereka yang terbiasa dilayani.

4. Berkomunikasi
Saat mengikuti kegiatan Pramuka maka anak akan dituntut untuk bisa berhubungan dengan temannya, baik yang satu tim dengannya maupun yang berbeda timnya. Kegiatan dalam Pramuka lebih banyak dilakukan secara berkelompok sehingga melatih mereka untuk bisa berkomunikasi dengan teman-temannya. Dengan kegiatan ini, maka anak yang tadinya pemalu atau pendiam dapat menjadi lebih berani untuk berbicara dengan orang lain.

5. Kreatif
Banyak kegiatan yang ada dalam Pramuka yang menuntut anak untuk menggunakan kreativitasnya. Banyak aktivitas yang membuat anak harus menyelesaikan tugasnya dengan menggunakan ide cemerlang mereka. Dengan demikian kreativitas mereka semakin diasah.

6. Kepemimpinan
Dalam kegiatan Pramuka, tiap anak akan mendapat kesempatan untuk memimpin regunya masing-masing. Saat mendapat kesempatan itulah anak akan belajar mengenai gaya kepemimpinan sehingga ketika memasuki usia dewasa anak bisa menjadi seorang pemimpin, baik ditempat kerja, organisasi, maupun ketika sudah berkeluarga.

7. Mencintai alam
Banyak kegiatan Pramuka yang dilakukan di luar ruangan atau di alam bebas. Kegiatan tersebut menuntut anak untuk berinteraksi dengan alam, sehingga secara tidak langsung akan mengajarkan mereka untuk mencintai alam dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

8. Kemampuan Bertahan Hidup
Dalam kegiatan Pramuka anak akan diajarkan berbagai kode sandi, cara mengikat simpul, membuat tenda, memasak dengan peralatans seadanya, P3K, dan kemampuan lainnya yang akan berguna untuk bertahan hidup saat situasi darurat.
4 regu dalam perkemahan SDN Kecer 1 diantaranya adalah Regu Kangguru Regu Elang Kelinci Dahlia. Regu Bugenvil, Regu Melati dan Regu Kenanga.

Sentara Regu Kangguru Bagus H. Zammil, Kevin, Halim, Fajar, Hasbi, Abi dan Jun.

(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait