Menggenggam Tantangan, Menuai Harapan

  • Whatsapp

Oleh : Hairuddin

Ingin cepat selesai sekolah dan langsung kuliah?
Daftarkan putra-puteri anda di SMA Negeri 2 Pamekasan.
Tahun pelajaran 2021/2022 sudah diambang pintu, atmosfir penerimaan peserta didik baru pelan namun pasti mulai dimunculkan, banyak spanduk yang berisikan informasi tentang sistim Penerimaan Peserta Dididk Baru, dalam kondisi yang serba tidak menentu akibat Pandemi Covid-19 banyak orangtua Wali Murid bingung untuk menyekolahkan anaknya kemana dan dimana? Seiring dengan tantangan dan perkembangan jaman Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pamekasan dibawah Kepemimpinan Bapak Drs. ALI UMAR ARHAB, M.Pd. mulai tahun pelajaran 2021/2022 akan menyelenggarakan Layanan pendidikan dengan sistim SKS (Satuan Kredit Semester) untuk kelas X sementara untuk kelas XI dan kelas XII tetap menuntaskan sistim paket yang selama ini dilaksanakan.

Apa itu Sistem Kredit Semester (SKS)
SKS (Sistim Kredit Semester) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menyepakati jumlah beban belajar yang diikuti dan atau strategi belajar setiap semester, pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan/kecepatan belajarnya. SKS diselenggarakan melalui pengorganisasian pembelajaran yang bervariasi dan pengelolaan waktu belajar yang fleksibel. Pengorganisasian pembelajaran bervariasi dilakukan melalui penyediaan unit-unit pembelajaran utuh setiap mata pelajaran yang dapat diikuti oleh peserta didik. Pengelolaan waktu belajar yang fleksibel dilakukan pengambilan beban belajar untuk unit-unit pembelajaran utuh setiap mata pelajaran oleh peserta didik sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing. Unit pembelajaran utuh disebut juga dengan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) .

Unit Kegiatan Belajar merupakan pelajarann yang kecil yang disusun secara berurutan dari yang mudah ke yang sukar. Satuan pelajaran tersebut merupakan pelabelan penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan dan keterampilan yang disusun menjadi unit-unit kegiatan belajar yang melibatkan satuan waktu belajar. Dalam UKBM disamping sebagai pelabelan penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan dan keterampilan diharapkan juga memberikan dampak pengiring terbangunnya karakter yang dibutuhkan dalam kehidupan abad 21, seperti berpikir kritis, bertindak kreatif, berkomunikasi dan lain-lain.
Layanan utuh Pembelajaran dengan SKS
Pengaturan beban belajar sesuai dengan struktur kurikulum 2013. Dalam PermenDikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 pada sekolah menengah atas/Madrasal Pasal 7 ayat (3) s.d.(9) menunjukkan bahwa:
• Beban belajar muatan-muatan dan pengalaman belajar yang harus diikuti peserta didik dalam seminggu, satu semester dan satu tahun pelajaran ;
• Beban belajar tersebut terdiri atas Kegiatan tatap muka, kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri ;
• Beban belajar tatap muka dinyatakan dalam jumlah pelajaran per minggu, dengan durasi setiap satu jam pelajaran adalah 45 (empat puluh lima )menit ;
• Beban belajar kegiatan terstruktur dan beban belajar kegiatan mandiri paling banyak 60% (enam puluh persen) dari waktu setiap tatap muka yang ditangani.
Penyelenggaraan Sisten Kredit Semester (SKS) pada pendidikan Dasar dan Menengah pasal 3 ayat (3) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 158 Tahun 2014, Dinyatakan bahwa Pengambilan beban belajar untuk unti-unit pembelajarn utuh setiap mata pelajaran oleh peserta didik sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing. Dengan Demikian pengaturan beban belajar dalam pnyelenggaraan SKS adalah pengaturan beban belajar setiap unit pembelajaran utuh atau dalam hal ini disebut UKBM dalam rangka mencapai ketuntasan belajar atau penguasaan substansi pada UKBM, dan ketuntasan belajar dalam konteks kurun waktu belajar ditetapkan pada struktur kurikulum 2013.

Keuntungan bagi siswa dengan sistim SKS

1. Melalui SKS peserta didik juga dimungkinkan untuk menyelesaikan program pendidikannya lebih cepat dari periode belajar yang ditentukan dalam setiap satuan pendidikan.
2. Sekolah dapat memaksimalkan hasil belajar peserta didik, karena mereka belajar sesuai dengan potensi, kebutuhan dan minatnya.

Disampimng layanan Pendidikan dengan Pola SKS yang akan dilaksanakan mulai tahun pelajaran 2021/2022, program-program unggulan lainnya telah dikembangkan di sekolah SMA Negeri 2 Pamekasan melalui pokja-pokja terutama dalam menumbuh kembangkan jiwa Interprioner bagi siswa-siswi yang saat ini duduk dibangku kelas XI dan XII. Akhirnya kami ucapkan Selamat Datang dan selamat bergabung di SMA Negeri 2 Pamekasan kami siap mengantarkan putra putri Anda kejenjang kesuksesan yang lebih maksimal.

Salam kami,

SMADA SELALU DIHATI

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait