beritalima.com

Merah, Kuning, Hijau di Langit Biru Jawa Timur

  • Whatsapp

beritalima.com | Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Surabaya. Luas wilayahnya 47.922 kmĀ², dan jumlah penduduknya 42.030.633 jiwa.

beritalima.com

Ada empat wilayah Kebudayaan di Jawa Timur yaitu: Mataraman, Arek, Madura dan Pandalungan. Wilayah Mataraman meliputi daerah-daerah di bagian barat Jawa Timur, yakni Kabupaten Ngawi, Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Magetan, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Bojonegoro.

Di sebelah timur Matraman adalah tlatah arek yang menjadi wilayah kebudayaan yang cukup dikenal dengan ciri khas Jawa Timurnya. Masyarakat Arek dikenal punya semangat juang yang tinggi, terbuka, dan mudah beradaptasi. Surabaya dan Malang menjadi pusat kebudayaan Arek. Kedua kota besar ini menjadi pusat kebudayaan Arek karena kondisi sosial masyarakatnya yang begitu komplek dan heterogen, bisa dikatakan menjadi pusat bidang pendidikan, ekonomi, dan parawisata di Jawa Timur.

Jawa Timur di bagian timur merupakan wilayah kebudayaan orang Madura. Yaitu terdiri dari Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumeneb.

Wilayah Pandalungan menjadi pertemuan dua kultur, Madura dan Jawa. Daerahnya meliputi Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Jember.

Perlu kita ketahui bersama bahwa tahun 2020 nanti akan ada Pilkada serentak di Jawa Timur. 19 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar Pilkada Serentak 2020 masing-masing adalah Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar. Lalu Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban. Kemudian Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri.

Menurut pengamatan kami dari 19 kabupaten/kota yang akan malakukan pilkada serentak di Jawa Timur, PDIP dan PKB adalah partai politik yang masih perkasa. Begitu juga dengan Golkar, Nasdem dan Demokrat. Artinya kelima partai politik tersebut mempunyai kans besar untuk memenangkan kontestasi pilkada serentak di Jawa Timur.

Mataraman merupakan daerah merah, disitu PDIP, Golkar, Demokrat dan Nasdem sangat dominan. Begitu juga dengan Wilayah Arek. Adapun Madura dan Pandalungan masih kental dengan nuansa hijaunya.

PDI Perjuangan sendiri pada Pilkada Serentak 2020 di Jatim nanti menargetkan menang di 13 kabupaten/kota, yaitu:
1. Surabaya
2. Pasuruan (Kota)
3. Blitar (Kota)
4. Blitar (Kabupaten)
5. Ngawi
6. Kerdiri (Kabupaten)
7. Trenggalek
8. Banyuwangi
9. Sumenep
10. Mojokerto (Kabupaten)
11. Tuban
12. Lamongan
13. Jember

Akan tetapi semua itu tidak bisa digebyah uyah. Tergantung dari proses sekeksi, kerja tim pemenangan dan figur yang akan diusung oleh partai. Karena Pilkada itu melihat figur, bukan partai pengusung. Jika proses seleksi, kerja tim pemenangan dan figur yang diusung oleh partai politik itu benar, tidak menutup kemungkinan calon yang diusung partai tersebut menjadi pemenangnya. Selain itu, tergantung kesiapan logistik dan koalisi dengan partai-partai lain.

Namun, lima partai besar yang menjadi pengusung pasangan Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin dalam Pilpres kemarin masih punya pengaruh besar di Pilkada serentak Jawa Timur. Mereka adalah PDIP, PKB, Golkar, Nasdem dan Demokrat. Jika kelima partai politik tersebut mau berkoalisi, maka dijamin akan menjadi pemenang pilkada serentak di Jawa Timur. Merah, Kuning, Hijau di lagit biru Jawa Timur. Bagaimana pendapat Anda.

Surabaya, 17 September 2019

Cak Deky

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *