Musical Fireworks, Noah dan Via Vallen Meriahkan Tahun Baru di Ancol

oleh -55 views

Jakarta, 20 Desember 2018
Tidak terasa penghujung 2018 sudah di depan mata. Ancol Taman Impian sebagai destinasi wisata terpadu di Jakarta telah menyiapkan beragam acara seru yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung pada malam pergantian tahun 2018 dan tahun baru 2019.

Mengusung tema “Ancol Gempita Festival : Energi Semangat Bersama” menampilkan pertunjukkan spektakuler penutup tahun 2018 yang menampilkan dalam kolaborasi musik yang menampilkan artis Ibu Kota, kebudayaan nusantara dan konfigurasi kembang api yang diiringi dengan music dan permainan lampu serta tarian yang dikemas dalam Musical Fireworks terbesar dan terlama dari yang sebelumnya.

Tidak hanya itu, seluruh unit rekreasi yang berada di kawasan Ancol Taman Impian seperti Dufan, Ocean Dream Samudra, Seaworld Ancol dan Atlantis Water Adventure juga bisa menjadi pilihan liburan akhir tahun. Catat agenda dan acara berikut ini:


KONSER GEMPITA 2018 DI PANTAI CARNAVAL
Kemeriahan pergantian tahun yang selalu menjadi favorit pengunjung adalah panggung utama yang menyajikan penampilan artis Ibu Kota. Noah, Wali, Armada, Nev + Dea, Limbad siap menghibur pengunjung dengan lagu-lagu populernya yang dilengkapi dengan trik sulap ala limbad. Dalam penyelenggaraan konser music ini Ancol Taman Impian bekerjasama dengan SCTV yang akan menayangkan secara langsung Konser Gempita SCTV. Dimulai pukul 19.00 WIB, konser musik ini dapat dinikmati sampai pergantian tahun. Dari panggung ini juga akan dilakukan hitung mundur pergantian tahun yang akan ditandai dengan pesta kembang api. Makin meriah karena panggung ini akan dipandu oleh MC tersohor yaitu Andika Pratama, Ayu Dewi dan Nirina Zubir.

“Kerjasama Ancol – SCTV ini sudah berjalan sejak 3 tahun terakhir, kami berharap sinergi ini dapat memberikan hiburan yang baik bagi pengunjung yang datang dan menikmati malam pergantian tahun di Pantai Carnaval Ancol,” ujar Teuku Sahir Syahali, Wakil Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol.

“SCTV merasa bangga dapat kembali menghadirkan tayangan Konser Gempita 2019 dan menjadi bagian dalam momen pergantian tahun baru yang kemeriahannya dapat dirasakan langsung oleh seluruh pemirsa SCTV. Deretan musisi & pengisi acara papan atas dihadirkan SCTV sebagai pembuka lembar baru 2019 yang semoga menjadi spirit dan berkesan bagi masyarakat yang hadir serta pemirsa Indonesia di mana pun berada.” tutur David Setiawan Suwarto selaku Deputy Director Programming SCTV.

JAKARTA MUSICAL FIREWORKS, PESTA KEMBANG API DI 5 TITIK SEPANJANG PANTAI
Pada malam pergantian tahun Ancol Taman Impian akan dihiasi oleh ribuan kembang api yang tersebar di 5 titik sepanjang pantai Ancol. Pantai Festival, Danau Ancol, Putri Duyung Ancol, Pantai Lagoon dan Pantai Carnaval akan meriah pada detik-detik pergantian tahun. Pesta kembang api yang menjadi ciri khas Ancol akan mengundang decak kagum pengunjungnya, karena dilakukan secara serentak di sepanjang pantai dan berdurasi 10 sampai 13 menit lamanya.

Pesta kembang api yang terpusat di floating stage merupakan kembang api yang disajikan dengan konsep musical fireworks, kembang api musikal ini akan berdurasi 13 menit yang terbentang sepanjang 600 meter di bibir pantai. Makin meriah karena di panggung apung (floating stage) Pantai Lagoon ini juga akan diisi oleh penampilan Virgoun dan Souljah serta tarian etnik kolaborasi nusantara dan modern percussion.

PAMERAN SENI & BETAWI NIGHT DI PASAR SENI
Panggung hiburan juga dapat ditemui di Pasar Seni Ancol. Tema “Betawi Night” akan menampilkan musik, tari dan lawak khas betawi. Mulai tanggal 23 Desember, Pasar Seni juga akan menggelar pameran dan workshop seni bertajuk “Off Line” dan juga Bazar Kuliner Nusantara.

VIA VALLEN MENYAPA PENGUNJUNG DI AWAL 2019
Kehebohan pergantian tahun tidak hanya sampai pada malam harinya, sebab di awal 2019 artis ternama Via Vallen menyapa pengunjung di Pantai Lagoon Ancol pada 1 Januari 2019 pukul 3 sore. Via Vallen akan menggoyang panggung apung (floating stage) dan menghibur seluruh pengunjung dengan lagu-lagunya yang fenomenal. Pengunjung akan diajak berjoget dan benyanyi menyambut awal 2019.

FESTIVAL KULINER DI TAMAN LUMBA-LUMBA
Pengunjung kini tidak perlu repot lagi membawa bekal makan dari rumah, karena aneka sajian makanan khas yang menggugah selera dapat dinikmati di Taman Lumba-Lumba. Festival Kuliner Nusantara “Sosro” dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau. Sambil menikmati kuliner pengunjung juga akan dihibur dengan Carnival Show (badut, street magic, cosplay, akrobatik dll) serta panggung hiburan musik.

SISTEM SENTRAL PARKIR SELAMA 2 HARI
Seperti tahun sebelumnya, Manajemen Ancol Taman Impian menerapkan sistem Sentral Parkir di seluruh kawasan Ancol yang akan diberlakukan mulai 31 Desember 2017 pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari 2018 pukul 24.00 WIB. Pada waktu tersebut semua pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau lebih langsung diarahkan mengisi kantong-kantong parkir yang tersedia dan dapat menampung sekitar 13.000 mobil dan 34.000 motor.

Pengunjung tidak perlu khawatir, karena saat sistem sentral parkir diberlakukan, Manajemen Ancol menyiapkan 119 Bus Wara – Wiri dan 4 rangkaian Kereta wisata sato-sato yang dapat ditumpangi tanpa dipungut biaya alias gratis. Bus dan kereta ini disediakan berjalan terus menerus selama dua hari mulai 31 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. Selain itu ada penambahan armada khusus difable dan manula yang jumlahnya dilipat gandakan dari tahun sebelumnya. Bagi pengunjung yang datang menggunakan sarana transportasi umum dapat memanfaatkan bus feeder yang menjemput dari Stasiun Ancol sampai Gerbang Timur Ancol.

PENAMBAHAN TIM PETUGAS DAN SARANA PRASARANA
Demi mendukung agar seluruh rangkaian acara dapat berlangsung dengan baik dan nyaman, Manajemen Ancol Taman Impian telah menyiapkan tambahan personel gabungan yang terdiri dari keamanan (Satpol PP, Polri, TNI), kebersihan, petugas pintu gerbang, lifeguard, P3K hingga tour guide di Bus Wara Wiri dan kereta Sato-sato dengan total personil sekitar 3.000 orang. Manajemen juga melakukan penambahan sarana toilet, musholla dan P3K yang tersebar di seluruh area Taman Impian Jaya Ancol.

“Evaluasi dari tahun sebelumnya kami gunakan untuk optimalisasi pelayanan tahun ini, dan hal ini akan terus kami lakukan agar liburan akhir tahun dan tahun baru di Ancol dapat dinikmati oleh semua pengunjung dengan aman dan nyaman”, tambah Sahir. Lebih lanjut Sahirl mengungkapkan bahwa target pengunjung pada malam tahun baru 2019 ini sekitar 250.000 pengunjung.

ACARA MERIAH DI SELURUH UNIT REKREASI ANCOL
Kemeriahan tidak hanya dapat dirasakan di kawasan pantai tetapi juga dapat ditemui di seluruh unit rekreasi yang ada di kawasan Ancol Taman Impian. Dunia Fantasi, Seaworld Ancol, Atlantis Water Adventures dan Ocean Dream Samudra telah menyiapkan beragam acara dan wahana baru.
• DINOLAND DI DUFAN
Pengunjung Dunia Fantasi dapat bertemu langsung dan berinteraksi dengan 5 jenis Dinosaurus, diantaranya adalah Triceratops, Velociraptor, Baby T-rex, Baby Triceratops, Long Neck-Brachiosaurus. Menariknya, beberapa dari jenis tersebut dapat berjalan bebas loh! Pengunjung akan dibuat terpukau pada pertunjukan yang berdurasi 25 menit ini.

Selain bisa menyaksikan pertunjukkan yang seru dan menegangkan, di DinoLand pengunjung juga bisa berinteraksi dan berfoto bersama Dinosaurus secara lebih nyata. Para Dinosaurus ini ada di Dufan Ancol mulai tanggal 15 Desember 2018 – 13 Januari 2019 di panggung TreasureLand. Jangan sampai terlewatkan, karena dinosaurus ini dapat ditemui pada jam 1 siang dan jam 3 sore.

• KOLEKSI UBUR-UBUR BARU YANG UNIK DI SEAWORLD ANCOL
Menghadirkan 10 akuarium khusus, tema di tahun 2018 ini adalah *“Witness the Miracle Here”* yang terinspirasi dari keunikan ubur-ubur sebagai mahluk laut yang tidak memiliki panca indera, darah dan tulang namun mampu hidup dan beberapa jenisnya ditakuti karena kemampuan menyengatnya. Tengok saja kejadian beberapa bulan lalu terjadi fenomena blooming ubur-ubur di pantai Ancol yang sempat menghebohkan namun kini hadir dengan lebih anggun dan eksotik di dalam akuarium SeaWorld Ancol.

Keunikan lain dari dekorasi Jellyfish Sphere dengan memasang berbagai dekorasi ubur-ubur dari botol plastic bekas yang dihasilkan dari sampah dilingkungan SeaWorld Ancol. Hal ini dilakukan sebagai upaya membangunan awareness untuk masyarakat agar mulai memperhatikan bahkan menghentikan pemakaian berbagai kemasan plastik. Selain akuarium jellyfish, SeaWorld Ancol juga menghadirkan akuarium bertema polusi sampah plastik di laut untuk memulai kampanye kurangi penggunaan kemasan plastik di awal tahun 2019. Kesadaran yang coba dibangkitkan adalah bahwa sering kali biota laut seperti ikan dan penyu mengira plastik sebagai ubur-ubur sehingga termakan dan mengakibatkan kematian.

Dalam kesempatan tersebut, SeaWorld Ancol juga akan mepersembahkan penampilan Scuba Santa dan King of The Sea yang diperankan oleh penyelam Sea World Ancol dari dalam akuarium utama, atraksi ini menjadi penampilan khusus untuk pengunjung yang datang ke SeaWorld Ancol dari tanggal 22 Desember 2018 – 13 Januari 2019.

• CARNIVAL ATLANTIS DAN SANTA NAIK SELUNCUR DRAGON & SKYBOX
Ada yang unik dan menarik di wahana permainan air Atlantis Water Adventures. Pengunjung bisa seru-seruan melihat Santa yang terjun bebas di wahana seluncur Skybox dan Dragon Race pada pukul 10 pagi. Sambil menikmati renang di kolam Atlantis, pengunjung juga dihibur dengan pertunjukan badut, marcing band, tarian modern dan tradisional serta mengikuti aneka lomba berhadiah menarik.

• MEET & GREET “TAYO” DI OCEAN DREAM SAMUDRA
“Hey Tayo…Hey Tayo….” Begitulah lirik lagu yang pastinya sangat dikenal oleh kalangan anak-anak. Untuk liburan akhir tahun ini mereka akan menyapa pegunjung Ocean Dream Samudra dengan tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya melihat, pengunjung juga dapat berfoto bareng Tayo mulai 22 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019 pada jam 12.00 WIB dan 15.00 WIB

Tidak hanya Tayo, pengunjung dapat melihat dan mengenal lebih dekat lumba-lumba, mamalia yang cerdas dan ramah. Nantinya lumba-lumba juga akan dtemani oleh Santa yang akan bercerita dan menghibur pengunjung.

MENGINAP DI PUTRI DUYUNG ANCOL DITEMANI YUNI SHARA
Siapa yang tak kenal Yuni Shara, artis kawakan dengan suara emas akan menemani malam pergantian tahun. Dengan tema “Chronicles of Batavia”. Dengan menikmati paket istimewa 3 hari 2 malam menginap dapat menikmati sajian spesial pesta akhir tahun bersama Yuni Shara. Dengan nuansa kolonial disetiap sudut area Putri Duyung Ancol yang didukung degan sajian kuliner tempo dulu yang menjadi ikonik Batavia di masa kolonial. Selain itu akan ada banyak hadiah serta doorprize seru selama acara gala dinner yang ditutup dengan pesta kembang api spektakuler.
(rr)