Pakde Karwo : HUT TNI Jadi Momentum Perkuat Komitmen

  • Whatsapp

SSURABAYA, beritalima.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 73 diharapkanmenjadi momentum untuk memperkuat komitmen.

Selain operasi militer berupa perang,komitmen TNI juga membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, danpemberian bantuan kemanusiaan.Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo usai menghadiri upacaraperingatan HUT ke-73 TNI yang mengambil tema “Profesionalisme TNI untuk Rakyat” dilapangan Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Jumat (05/10) pagi.

Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim itu optimis, komitmen TNI dalammenanggulangi akibat bencana alam akan semakin meningkat. Sebab TNI lahir dan dibesarkandari rakyat, serta kepentingan rakyat juga menjadi kepentingan pokok TNI. Apalagi, saat initerdapat musibah bencana gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.“Karena itu, TNI sangat dibutuhkan oleh rakyat untuk membantu pemulihan kondisipasca bencana tersebut, apalagi TNI dibantu oleh Polri dan rakyat” katanya.

Dalam kesempatan ini, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, LaksamanaMuda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M mengatakan, terdapat dua tugas utama TNI yang wajibdilakukan.

Pertama, mengadakan operasi militer untuk perang. Kedua, mengadakan operasimiliter selain perang, salah satunya, melaksanakan bantuan terhadap pemulihan bencana.

“Karena saat ini situasi bangsa ini damai, maka rofesionalisme yang bisa kitasumbangkan kepada masyarakat saat ini adalah tugas yang kedua. Jadi kami besertabeberapa elemen bangsa lainnya melaksanakan bantuan terhadap pemulihan bencana.

Sepertibencana di Lombok kemarin, dan saat ini sebagian besar pasukan kita diterjunkan untukmembantu pemulihan bencana di Palu dan Donggala” ujarnya. Sementara itu, Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman menambahkan, terdapatberbagai kegiatan dalam rangka peringatan HUT TNI ke-73 ini. Diantaranya upacara, paradedan defile, dan pameran alutsista TNI yang digelar di Koarmada II pada tanggal 06-07 Oktober2018.

“Silahkan masyarakat bisa datang melihat modernisasi alutsista yang dimiliki oleh TNI”tambahnya.Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan,HUT TNI ini juga menjadi bukti bahwa TNI dan Polri terus bersinergi dan kompak dalammelayani masyarakat, baik dalam penanggulangan bencana, kegiatan-kegiatan operasi, patrolrutin, dan lainnya.

“Dibawah komando Pakde Karwo, kami siap menjaga Jawa Timur” tegasnya.Upacara HUT TNI ke-73 ini diikuti oleh 3.073 prajurit TNI-Polri dan elemen masyarakat,yakni Satpol PP, Dishub, dan tokoh masyarakat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalahPanglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman. Dalam upacara HUT TNItersebut juga dilakukan penganugerahan bagi prajurit TNI yang berprestasi. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *