Panglima TNI : Generasi Penerus Tidak Akan Tahu Sejarah Tanpa Adanya Benda Sejarah

  • Whatsapp

Generasi penerus bangsa tidak akan pernah tahu dan menghargai sejarah bangsanya tanpa ada benda-benda peninggalan sebagai bukti kejadian masa lampau. Untuk itu, benda-benda peninggalan sejarah tersebut harus dikumpulkan dan diabadikan dalam suatu museum agar sejarah masa lampau tetap abadi dalam pemahaman setiap generasi penerus bangsa.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dalam sambutannya pada peresmian Koleksi Pesawat Hercules C-130 B, Hercules T-1301, Foker F-27 T-2707, Avia-14, Hawkers Hunter F.Mk.4 N-112 dan Museum Engine R. Achmad Imanullah, bertempat di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogjakarta, Selasa (24/4/2018).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa seluruh benda-benda yang berada di Muspusdirla adalah suatu bentuk wahana visualisasi yang dapat digunakan untuk edukasi, rekreasi dan untuk inspirasi generasi penerus.

“Pada saat menjadi Kepala Staf Angkatan Udara, yang pertama kali saya sentuh adalah sejarah, agar generasi penerus mampu melihat sejarahnya sendiri dan memiliki kebanggaan bahwa Angkatan Udara Indonesia pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara,” ungkap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh senior TNI AU yang telah bergabung di TNI Angkatan Udara demi menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. “Alutsista yang pernah mereka gunakan untuk mempertahankan NKRI waktu itu, diantaranya Hercules C-130 dan Hawker Hunter,” ucapnya.

“Pesawat-pesawat tersebut memiliki keterkaitan sejarah dengan Operasi Trikora, karena mampu menembus blokade musuh dan bekerja sama dengan Pesawat T-16 untuk mempertahankan Wilayah Udara Indonesia,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, sesuai dengan catatan sejarah bahwa Indonesia adalah negara pertama di luar Amerika yang memiliki pesawat Hercules. Pesawat dengan nomor Regristasi T-1301 merupakan pesawat Hercules yang pertama kali menyentuh bumi nusantara di Kemayoran Jakarta. Hal tersebut yang menjadi pertimbangan untuk mengabadikan Hercules T-1303 di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. “Ini adalah bukti bahwa Air Power Indonesia pada saat itu benar-benar menunjukan kedigdayaannya Indonesia pada masa itu,” katanya.

Di hadapan awak media, Panglima TNI menyampaikan bahwa peresmian Museum Engine R. Achmad Imanullah ini adalah untuk mengabadikan mesin-mesin atau engine yang pernah digunakan untuk melengkapi pesawat-pesawat militer TNI AU. “Museum ini diharapkan sebagai edukasi dan rekreasi kepada generasi penerus dan kita sampaikan bahwa Indonesia dulu pernah menjadi Angkatan Udara terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya..

“Kebanggaan itu bisa disampaikan kepada generasi penerus. Ingat, bahwa dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan, sepertiga adalah daratan dan di atasnya adalah tiga pertiga wilayah udara, kita harus memanfaatkan udara ini untuk meningkatkan kedirgantaraan,” kata Panglima TNI.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *