Peduli Keselamatan, PTPN XII Berikan APD ke Penambang Belerang Gunung Ijen

  • Whatsapp
Penyaluran bantuan APD dari PTPN XII ke para penambang belerang (beritalima.com/istimewa)
Penyaluran bantuan APD dari PTPN XII ke para penambang belerang (beritalima.com/istimewa)

BONDOWOSO, beritalima.com | Peduli terhadap keselamatan, PTPN XII memberikan Alat Pelindung Diri (APD) ke para penambang belerang di Gunung Ijen Bondowoso.

Saat ini, jumlah penambang belerang mencapai 150 orang. Ditempuh selama 2 jam perjalanan menuju kawah dengan lereng yang terjal, para penambang memanen belerang.

Bacaan Lainnya

Para penambang rela berjuang menembus asap beracun yang keluar dari kawah dengan peralatan seadanya, meski berisiko tinggi terhadap gangguan kesehatan dan mengalami kecelakaan kerja.

Bermodal perlengkapan dan peralatan seadanya, setiap hari para penambang menghirup asap belerang yang mengandung karbon dioksida dan hidrogen sulfida, yang dapat merusak pernapasan bahkan membuat nyawa melayang.

Dalam upaya mendukung hal itu, PTPN XII memberikan bantuan APD berupa sepatu both dan masker gas, masing-masing sejumlah 150 buah dengan total nilai sebesar Rp.38 juta.

Sebanyak 150 orang penambang belerang hadir dalam prosesi penyerahan bantuan APD oleh Manajer PTPN XII Kebun Blawan, Tatang Setiawan, sebagai perwakilan Manajemen PTPN XII tersebut.

“Ini bentuk support dari PTPN XII kepada bapak-bapak, yang setiap hari harus berjuang dengan alat seadanya dan risiko terhadap keselamatan diri begitu tinggi,” katanya, Kamis (17/12/2022).

Dirinya berharap, sedikit bantuan kiranya dapat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan agar lebih aman.

Sementara itu, Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XII, Winarto menyebutkan, penyaluran bantuan APD itu merupakan program kerja perusahaan yang sejalan dengan Peraturan Menteri BUMN RI nomor PER-05/MBU/04/2021 tentang program tanggung jawab sosial.

“Kita melihat penambang belerang sebagai pahlawan keluarga, harus melakukan pekerjaan yang berbahaya setiap harinya,” ungkapnya.

Kendati demikian, sarana kurang didukung dengan kelengkapan APD yang layak.

Maka dari itu, sebagai bentuk kepedulian dan wujud nyata BUMN untuk Indonesia, PTPN XII sebagai anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara turut serta memberikan dukungan.

“Harapannya semoga dapat menambah kenyamanan dan keselamatan dalam bekerja,” ungkap Winarto.

Koordinator Penambang Belerang Kawasan Gunung Ijen, Ahmad Aripin (40) mengatakan terima kasih kepada PTPN XII, atas bantuan sepatu both dan masker gas yang telah diberikan.

“Sepatu dan masker ini adalah alat-alat yang sangat bermanfaat dan kami butuhkan, untuk melakukan pekerjaan kami,” tukasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait