Pelantikan & Rapat Kerja MPC Pemuda Pancasila Halmahera Barat Resmi Dihelat

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – Pelantikan pengurus Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, pagi tadi diawali dengan arak – arakan pawai keliling kota Jailolo menggunakan Bentor, Ojek dan Mobil, Sabtu (4/11/2017).‎

Selanjutnya Ketua umum MPW Pemuda Pancasila Provinsi Maluku Utara berserta Rombongan bersama Bupati Halmahera Barat, sekitar pukul 11.30 WIT tiba di Sasadu lamo Desa Acango Kacamatan Jailolo, Kabupaten Halbar, yang disambut tarian soya – soya sesaat sebelum memasuki tempat kegiatan.

Pelantikan Pengurus Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) dan Rapat Kerja dengan tema “Pertegas Integritas Pemuda Dalam Bingkai Keberagaman” dan moto “Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang” Jailolo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua MPW Pemuda Pancasila Malut Santrani Abussama, Bupati Halbar selaku Ketua MPO Pemuda Pancasila Kab. Halbar Danny Missy, SE. MM, Anggota DPRD Kab. Halbar Fraksi PDIP Sofyan Kasim, Unsur Pimpinan SKPD lingkup Pemda Halbar, Ketua FKPPI Halbar Ramli Naser dan anggota, Ketua Panwas Aktofianus Datang Spd dan anggota, Ketua Purna Paskibraka Abdan Mutalib dan anggota, ketua Apdesi Rustam, ketua KNPI halbar Tam Gani, Anggota Pemuda Pancasila Kab. Halbar dan undangan yang Hadir 100 orang.

Pembukaan kegiatan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Pemuda Pancasila oleh kelompok paduan suara STPK Banau.

Ketua Panitia Ashari Dano Yasin, dalam laporannya, pelantikan pengurus Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) dan Rapat Kerja pemuda pancasilah dimana kegiatan ini bersumber dana dari bantuan Bupati Halbar/Ketua MPO Pemuda Pancasila Kab. Halbar Danny Missy, SE. MM.

“Untuk itu, kami sebagai panitia pelaksana dan Pengurus Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila kabupaten Halbar sangat membutuhkan dukungan dan seport dari Pemda Halbar dan seluruh pemuda di kabupaten Halbar,”ungkapnya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Provinsi Malut oleh Sekretaris MPW PP Malut Iskandar Idrus.

Pembacaan Ikrar pemuda Pancasila sekaligus pelantikan Pengurus Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) yang berjumlah 68 orang oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila Malut Santrani Abussama. Sekaligus Penyerahan Panji kebesaran pemuda Pancasila oleh ketua PP Malut kepada Ketua MPC PP Kab. Halbar

Ketua majelis pimpinan cabang pemuda Pancasila kabupaten Halbar Sudirman Yunus mengatakan, Pada hari ini kami beserta pengurus dan teman – teman pengurus yang akan dilantik sebagai ketua dan pengurus majelis pimpinan cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Halbar mengucapkan terima kasih kepada Bupati Halbar yang sangat antusias dalam menyambut Pemuda Pancasila, untuk itu marilah kita memperkokoh gerakan membelah Pemuda Pancasila dan menegakkan idiologi  pancasilah di Bumi Halmahera Barat.

Lanjut sudirman, Pemuda pancasila adalah milik semua lapisan masyarakat Halbar dan kami sangat mengharapkan dukungan dari Pemda Halbar dan masyarakat halbar agar selalau mendukung gerakan pemuda Pancasila dan saya jelaskan bahwa pemuda pancasilah akan selalau berbaur dengan masyrakat Halbar dalam bentuk gerakan atau kegiatan sosial apapun itu.

Sementara Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Propinsi Malut Santrani Abussama, Pemuda pancasila saat ini berada di seluruh kabupaten, provinsi Maluku Utara.

Dan untuk sekedar diketahui, waktu kemarin 28 Oktober ada pertemuan besar pemuda pancasila di jakarta yang di hadiri Presiden RI, dimana pesan beliau bahwa Pemuda Pancasila lahir atas dasar negara yang melambangkan gerakan para pahlawan yang harus kita jaga dan jauhi seluruh kekacauan di tanah air Republik Indonesia. Untuk itu, Pemuda Pancasila agar selalu berdiri di semua keanekaragaman bineka tunggal Ika, yang berlandaskan pancasila dan tidak boleh ada perbedaan atau terkotak – kotak.

Lanjut Santrani, Pemuda pancasila yang berada di wilayah Halbar, saya akan titipkan di pundak Bupati Halbar dan saya berharap Pemuda Pancasila jangan mengikuti organisasi – organisasi lain, yang sering mebuat profosal. demi mendapatkan uang yang tidak jelas.

 “Untuk itu, harapan saya Pemuda Pancasila yang ada di seluruh jajaran provinsi Malut selama kepimpinan saya, sangat melarang keras membuat proposal yang tidak jelas karena itu, membuat malu leluhur Pemuda Pancasila, saat ini kita harus selalu menjaga kehormatan diri dan martabat kita sebagai Pemuda Pancasila.

“Pesan saya, Pemuda Pancasila harus selalau mendukung progaram – program pemerintah dan selalu membantu kegiatan sosial masyarakat, untuk itu kita sebagai pemuda Malut, marilah kita bersatu dalam memebuat suatu terobosan atau perbedaan dalam memajukan NKRI dan marilah kita bersama – sama membangun dan memajukan daerah ini,”cetusnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Majelis pembinaan organisasi MPC PP Kab. Halbar/Bupati Halbar Danny Missy, sambutannya, pertama – tama saya ucapkan selamat datang kepada bung Santrani Abusama bersama rombongan di bumi sasadu, jazirah jiko ma kolano. Serta atas nama pribadi, masyarakat dan Pemda Halbar, saya menyampaikan ucapan selamat kepada saudara -saudara yang telah dilantik sebagai pengurus MPC Pemuda Pancasila kabupaten Halbar. Mudah-mudahan momentum ini, menjadi starter point bagi saudara – saudara untuk berkiprah dalam berkontribusi membangun kabupaten Halmahera Barat, melalui mars Pemuda Pancasila yang baru saja kita dengarkan tadi, menjadi tanda bahwa ikrar organisasi ini sebagai penyelamat ideologi Pancasila, sekaligus garda terdepan dalam menjaga Bangsa. Dengan semangat ini, hendaknya Pemuda Pancasila dapat menjadi alat pemersatu bangsa di tengah situasi sosial dan politik bangsa yang sedang bergejolak dewasa ini. NKRI itu harga mati, apabila kita meninggalkan pancasila sama saja kita membubarkan NKRI.

Untuk itu, saya yakin dan percaya pengurus MPC Pemuda Pancasila kabupaten Halmahera Barat yang baru dilantik ini mampu mempertahankan semangat kebangsaan yang belakangan ini semakin tergerus oleh pengaruh globalisasi.

“Pemuda pancasila punya andil dalam perjuangan kemerdekaan NKRI, yang hendaknya dapat menjadi garda terdepan dalam mengawal pembangunan daerah,”tandasnya.

Pemuda pancasila dalam percaturan global saat ini, Lanjut Danny, harus tampil di depan, dengan semangat tiga pilar kekuatan utama yaitu semangat Solidaritas, Integritas dan Profesionalitas. Sehingga inilah titik tolak keterlibatan dan peran aktif warga Pemuda Pancasila dalam setiap gerak langkah pembangunan bangsa sebagai agent of change.

Bagian dari generasi pemegang estafet perjuangan dalam mengisi pembangunan.

Menurutnya, Pancasila harus selalu tampil ke depan, namun jangan hanya berorientasi kepada organisasinya sendiri, tetapi harus terasa kiprahnya di masyarakat. Selain itu, saya berharap agar pemuda pancasila tetap menjaga netralitas dan kemandiriannya sebagai Ormas.

Pada dasarnya, keberadaan pemuda Pancasila harus dapat membawa warna tersendiri bagi pemerintah yang dapat di rasakan bagi masyarakat.

“Pemuda Pancasila kabupaten Halmahera Barat, dituntut untuk membangun nilai – nilai kebersamaan dan mental serta sumber daya manusia (sdm). Khususnya para generasi muda di kabupaten Halmahera Barat yang kita cintai,”pungkasnya. (ssd)‎

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *