Pelepasan 196 Jamaah Calhaj Asal Sergai Menuju Tanah Suci Mekkah

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI, beritalima. com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekdakab Drs. Hadi Winarno,  MM secara resmi melepas keberangkatan 196 jamaah Calon Haji (Calhaj) Tahun 2017 menuju tanah suci Mekkah dalam rangka menunaikan rukun Islam kelima bertempat di alun-alun Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Jumat (28/7) pagi.

Selain Sekdakab hadir juga Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SIK, SH, MH, perwakilan Kodim 0204/DS, Asisten Ekbangsos Ir. H.  Kaharuddin, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua MUI Lukman Yahya,  Ketua FKUB H. Irfan Elfuadi Lubis, Kepala OPD,  para Camat,  para Calhaj serta ratusan keluarga Calhaj yang akan diberangkatkan.

Sekdakab Drs. Hadi Winarno saat membacakan sambutan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan pesan kepada para jamaah Calhaj agar senantiasa memelihara kekompakan, keutuhan dan kebersamaan dalam melaksanakan ibadah tersebut sesuai dengan aturan maupun  tuntunan yang telah diberikan. Kemudian peliharalah kesehatan fisik agar mampu melaksanakan seluruh rukun wajib dan sunnah haji dengan sempurna melalui konsumsi air putih,  buah-buahan dan makanan yang bergizi.

Selanjutnya agar para jamaah Calhaj selalu menghormati dan mentaati segala ketentuan perundang-undangan yang berlaku selama menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah maupun Madinah guna menjadi tamu yang baik di negara orang lain,  pesan Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati Ir. H. Soekirman atas nama masyarakat Kabupaten Sergai menyampaikan ucapan selamat jalan dan selamat beribadah,  semoga Allah SWT senantiasa melindungi perjalanan serta ibadah para jemaah Calhaj dan kembali ke Tanah Bertuah Negeri Beradat dengan predikat haji yang mabrur dan mabrurah.

Sebelumnya Kepala Seksi Haji Kantor Kementrian Agama (Kemenang) Sergai Zulkifli Sitorus, M.Ag melaporkan persiapan pemberangkatan 197 Jemaah Calhaj asal Sergai yang terdiri dari laki-laki sebanyak 75 orang dan perempuan 117 orang ini berjalan lancar mulai dari pengurusan pasport serta dalam pemeriksaan kesehatan secara fisik layak untuk diberangkatkan. Namun seorang jamaah Calhaj gagal berangkat ke tanah suci dikarenakan sakit sehingga yang diberangkatkan hanya 196 orang.

Disampaikan juga Calhaj Sergai akan berangkat melalui Kloter 2 yang bergabung dengan Kota Tebing Tinggi dan Tanjung Balai dengan total 392 jemaah. Pada kloter tahun ini ada 2 orang Wakil Ketua DPRD Sergai turut menunaikan ibadah haji yaitu Hasbullah Hadi Damanik selaku Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Riady, S.Pd selaku Calhaj reguler. Dijadwalkan berangkat besok pagi 04.40 wib dan jam 07.00 WIB pagi sudah take off sehingga pukul 11.00 waktu Arab Saudi dan dijadwalkan para Calhaj sudah sampai Madinah, kata Zulkifli Sitorus.

Pada daftar keberangkatan Haji asal Sergai tahun ini, tercatat jamaah Calhaj tertua bernama Hamidah (79 tahun) dari Perbaungan dan termuda Sri Utami (30) yang juga berasal dari Kecamatan Perbaungan, tambahnya.(sug/Siti).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *