Pemda Touna Gelar Sosialisasi Pengembangan perumahan baru dan Mekanisme Akses Perumahan

  • Whatsapp

Ampana, – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Melalui DPKPLH Kabupaten Touna gelar sosialisasi pengembangan perumahan baru dan Mekanisme Akses Perumahan KPR-FLPP, bertempat di Hotel Ananda Ampana Rabu (16/11/2022).

Pada kesempatan itu, Wakik Bupati Touna dalam sambutannya mengatakan bahwa perumahan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia disamping sandang dan pangan. Pembangunan perumahan sebagai salah satu sektor strategis yang menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam rangka menciptakan kesejateraan bagi segenap lapisan masyarakat.

“Kebutuhan akan rumah merupakan hak dasar masyarakat, maka dari itu harus di penuhi oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah sebagai amanah Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang perumahan kawasan permukiman yaitu :

Bahwa setiap orang berhak hidup sejatera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, yang merupakan kebutuhan dasar manusia.

“bahwa setiap orang dapat berpatisipasi untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal melalui pembangunan rumah yang layak, aman, harmonis, terjangkau secara mandiri dan berkelanjutan,”kata Wakil Bupati.

Menurutnya, perumahan subsidi menjadi salah satu program dan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar memiliki hunian sendiri yang layak dengan harga terjangkau.

“Program perumahan bersubsidi ini tengah digalakkan oleh pemerintah sejak tahun 2015 sebagai upaya mengurangi angka kebutuhan rumah melalui program sejuta rumah. Dalam pelaksanaannya Pemerintah menggandeng pelaku usaha bidang properti atau pengembang swasta dalam menyediakan rumah subsidi,”jelasnya.

Dikatakannya, Kabupaten Touna yang menjadi salah satu dari 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tengah ini memiliki luas wilayah sebesar 5721,51 Km², dengan luas wilayah tersebut Kabupaten Tojo Una – Una memiliki potensi pembangunan rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Pemerintah Daerah juga berharap para stakeholder sektor perumahan dapat bersinergi meningkatkan komitmen dalam pelaksanaan tugasnya.”harapnya

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu,SH, turut dihadiri Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Tengah, Abdul Haris Karim, S.T., M.M, dan Sekretaris DPKPLH Kabupaten Touna Abd. Rahman Labanu, S.Pi.,M.AP, Pimpinan Unit Kredit Perumahan/KPR Bank Sulteng Moh. Abduh Borman, serta sejumlah undangan dari Perangkat Daerah terkait, Camat dan Lurah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait