Pemkab Serdang Bedagai Peringati Jambore Germas dan Gemas Tahun 2018

  • Whatsapp

Serdang Bedagai-beritalima.com,Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2018, Pemkab Serdang Bedagai menggelar Jambore Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Gerakan Empati Masyarakat Sakit (Gemas) dengan tema Edukasi Lansia Hidup Sehat, Sejahtera, dan Mandiri Bagi 1000 Lansia bertempat di Pantai Pondok Permai Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Rabu (4/7/2018).

Hadir dalam acara ini Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM, Senior Manager MURI Yusuf Ngadri, Ketua Penggerak PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai Ny Hj. Khairani Hadi Winarno, para Asisten, para kepala OPD, para Camat serta seribuan Lansia Se-Sergai.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya menyampaikan, bahwa lansia merupakan sebuah siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang. Kenyataanya saat ini, tiap kali kita menyebut kata Lansia yang terbesit dibenak kita adalah seseorang yang tidak berdaya dan memiliki banyak keluhan kesehatan.

Oleh karena itu perhatian pemerintah di negara-negara berkembang terhadap penduduk Lansia belakangan ini terus meningkat. Hal ini karena pesatnya pertumbuhan penduduk Lansia. Lansia yang sehat harus terus diberdayakan agar tetap sehat sejahtera dan hidup mandiri selama mungkin.

Diingatkan Bupati kepada OPD/Lintas Sektoral terkait, khususnya Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan secara khusus kepada para Lansia dan menempatkan para Lansia ditempat yang sebaik-baiknya yang artinya hormati dan layanilah para Lansia tersebut dengan penuh rasa kasih sayang sebagaimana kita perlakukan orang tua kita”, papar Bupati.

Dengan adanya hari kesehatan Lansia tahun 2018 yang ke-23 di Kabupaten Sergai, kita susun dalam kegiatan “Jambore GERMAS dan GEMAS melalui Edukasi mewujudkan Lansia sehat, sejahtera dan hidup mandiri maka dapat kita wujudkan di Kabupaten Sergai menjadi kabupaten ramah Lansia.

Bahwa doa adalah kekuatan, terutama bagi orang orang yang kurang sehat, untuk lebih sehat, sebab kita orang beragama.

Untuk itu sayangilah orang tua dan sayangilah lansia agar kamu memiliki umur yang panjang, berbicara soal mati dan hidup semua itu sudah menjadi urusan Allah SWT, namun berbicara soal kehidupan kita haruslah bisa hidup sehat, soal sehat saya ingin beritahu kepada kita semua yang ada di sini bahwa seorang datuk bernama Mahatir yang berusia 93 tahun bisa terpilih menjadi presiden di Malaysia, beliau adalah contoh bagi kita yang belum mencapai usia tersebut untuk tidak kehilangan semangat dan selalu meningkatkan semangat.

“Ada lima kuncinya agar tetap sehat dimasa tua, pertama keyakinan kepada Tuhan, Kekeluargaan, Menjaga Kesehatan, Mencukupi Kebutuhan, dan kerja sampingan”, pungkas Soekirman.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan lansia yang tangguh dan masyarakat sergai yang sehat. Hari ini kami juga menyelenggarakan beberapa perlombaan yang di peruntukan bagi para lansia dan juga pelayanan kesehatan yang turut melengkapi acara ini.

Kami melihat banyak sekali lansia yang sakit dan sudah tak lagi menjaga kesehatannya, maka dari itu kami melakukan kegiatan edukasi pada hari ini guna menyadarkan para lansia akan pentingnya kesehatan.

Kami berharap dengan diselenggarakannya acara ini dapat membuat para lansia menjadi lebih sehat dan mandiri,”papar Kadis.

Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ini disertai penerimaan rekor MURI yang diserahkan oleh Senior Manager MURI Ngadri, Edukasi Lansia Hidup Sehat, Sejahtera , dan Mandiri, atas lansia terbanyak.(Agus)

Teks Foto :

FOTO BERSAMA : Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM, Senior Manager MURI Yusuf Ngadri, Ketua Penggerak PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai Ny Hj. Khairani Hadi Winarno, para Asisten, para kepala OPD,foto bersama usai acara.( Foto : BL/Agus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *