beritalima.com

Pemkot Jakut Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kependudukan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com-

Guna meningkatkan kualitas dalam melayani administrasi kependudukan kepada masyarakat , Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melalui Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) menggelar kegiatan peningkatan kualitas aparatur pendukung layanan kependudukan dan pencatatan sipil 2019 di Ruang Bahari Lantai 14 Gedung Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu (13/03/2019).

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, peningkatan kualitas aparatur pendukung layanan kependudukan dan pencatatan sipil merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas Apartur Dukcapil yang tidak hanya mengedepankan kemampuan teknis pelayanan dan kompetensi pada bidang administrasi kependudukan.

“Aparatur Dukcapil juga harus mampu mengembangkan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku serta komitmen, integritas moral dan tanggung jawab pada pelayanan publik,”terang Wakil Wali Kota saat memberikan sambutan.

Hal itu, kata Ali, sesuai amanat UU nomor 15 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam UU tersebut telah menetapkan perubahan manajemen Pegawai Negeri Sipil (PSN). “Perubahan tersebut membawa konsekueinsi bahwa setiap organisasi pemerintahan baik pusat maupun daerah harus memiliki SDM- PNS yang memenuhi persyaratan kuantitas maupun kualitas, sehingga dapat melaksanakan tugas dan funsinya secara profesional,”terangnya.

Ali menambahkan, peningkatan aparatur Dukcapil sejalan dengan gerakan Indonesia sadar adminduk (GISA) yang salah satu tujuannya adalah sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia.

“Sadar melayani berarti peningkatan kualitas aparatur, penyederhanaan mekanisme dan pesyaratan administrasi kependudukan yang inovatif serta adanya pelayanan online yang terintegerasi,”kata Ali.

Aparatur yang berkualitas diharapkan, memahami perannya sebagai aparatur, memahami peran dan karakter yang dibutuhkan dalam melayani tugas dan dapat mengenali hambatan serta dapat memberikan solusi yang inovatif dalam melayani masyarakat.

Penulis : Edi Prayitno
Editor : Edi Prayitno

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *