Pengukuhan Polda Bengkulu Menjadi Type A

  • Whatsapp

Bengkulu, beritalima.com | Polisi Daerah (Polda) Bengkulu gelar upacara pengukuhan kenaikan tipologi dari tipe B menjadi tipe A. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto, bertempat dihalaman Mapolda Bengkulu. Selasa pagi (12/11/2019).

Penetapan Polda Bengkulu menjadi tipe A Berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor Kep/1964/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang perubahan tipe Kepolisian Daerah Bengkulu dari Kepolisian Daerah tipe B menjadi Kepolisian Daerah tipe A

Dalam kesempatannya Wakapolri mengatakan, kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini setelah menjalani proses kajian yang cukup panjang dan mendapatkan pertimbangan dari tim assessmen Mabes Polri. Kenaikan tipologi ini juga telah mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Sedikitnya ada 9 dimensi dan 48 indikator perubahan yang menjadi pertimbangan kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini. Sebanyak 9 dimensi tersebut diantaranya dimensi geografis, demografis, sumber daya alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, Sarkamtibmas serta dimensi kemampuan kesatuan,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini akan berdampak pada pengembangan jenjang kepangkatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di organisasi Polda Bengkulu.

Selain itu, kenaikan tipologi ini juga berdampak pada penambahan anggaran untuk Polda Bengkulu, penambahan sarana dan prasarana serta penambahan jumlah personil Polri.

Wakapolri juga menegaskan agar Polda Bengkulu melakukan penegakan hukum secara jujur, benar, adil dan konsisten dengan menjunjung integritas dan profesionalisme. Polda Bengkulu diminta untuk melakukan pemantapan menejemen media massa dan program kehumasan untuk menjaga citra Polri ditengah masyarakat.

“Pastinya kenaikan tipologi ini akan disesuaikan dengan kenaikan pangkat dan golongan dari para personil. Kapolda akan menjadi bintang dua, Wakapolda bintang satu dan diikuti pejabat lainnya,” terang Wakapolri.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai acara pengukuhan mengatakan, kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini diyakini akan memberikan dampak positif terhadap penguatan dan percepatan pembangunan di Provinsi Bengkulu.

Gubernur juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu siap mendukung kegiatan-kegiatan Polda Bengkulu dan peningkatan sarana dan prasarana yang dibutuhkan Polda Bengkulu.

“Alhamdulillah tentu kita bersyukur dengan peningkatan tipologi Polda Bengkulu ini. Ini merupakan perjuangan kita bersama dalam rangka melakukan penguatan kelembagaan di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Polda sudah berhasil, sekarang kita tinggal tunggu untuk Korem, Lanal dan IAIN Bengkulu,” ungkap Gubernur.

Tampak hadir dalam kegiatan tesebut para petinggi Polri dan Polda Bengkulu, unsur Muspida se Provinsi Bengkulu, unsur organisasi Pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan sekalian. Selain itu juga hadir para mantan Kapolda Bengkulu, diantaranya, Ruslan Riza, Tatang Sumantri, Beni Mokalu, Yofianes Mahar dan M Ghufron. (rd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *