Peringatan Hari Pancasila “Kita Bersatu, Kita Berbagi dan Kita Beprestasi”

  • Whatsapp

FAKFAK, beritalima.com – Wakil Bupati Fakfak, Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si memimpin Upacara Hari Lahir (Harla) Pancasila, di lapangan apel Kantor Bupati Fakfak, Jumat (1/6/2018) pagi.

Presiden RI, Jokow Widodo dalam sambutnnya dibacakan Wakil Bupati mengatakan, peringatan hari lahir Pancasil setiap 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,”ujar Wakil Bupati membacakan aPresiden.

Negara manapun di dunia ini, lanjut Presiden, akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bineka dan majemuk, dan seringkali kemajemukan ini, juga dibayang-bayangi oleh risiko inteloransi, tidak bersatuan dan tidak gotoroyongan.

“Saatnya kita berbagi pengalaman dalam kebhinneka tunggal ika, dalam bertolerasni serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan, dan juga saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,”kata Presiden.

Untuk itu, atas nama seluruh masyarakat Indonesia, Presiden menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para founding father atas warisan luhur NKRI dan Pancasila.

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”ucapnya.

Pada kesempatan itu, Presiden mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam keseharian.

“Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. Selamat hari lahir Pancasila, Kita bersatu, kita berbagi, kita beprestasi,”imbuhnya.

Upacara Harla Pancasila dikuti ASN dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, TNI, Polri, yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Derah (Forkominda), Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya. Diketahui, bertindak sebagai Komandan Upacara Dan Subdenpom Fakfak, Kapten CPM Ari Siam Yotefa, SH. [monces]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *