Peringati Hari Koperasi ke – 71, Pemkab Sumenep Gelar Upacara

  • Whatsapp
Usai Upacara, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan bagi Koperasi berprestasi, pekerja keras dan santunan bagi anak yatim diserahkan langsung oleh Bupati Sumenep DR. KH. A. Busyro Karim, MSi. Didampingi Kepala dinas Koperasi dan UKM kabupaten Sumenep, Imam Trisnohadi, SH. Msi.

SUMENEP, beritaLima – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar upacara Hari Koperasi ke -71, Rabu, 25 Juli 2018 bertempat dihalaman Kantor Pemkab setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep DR. KH. A. Busyro Karim, MSi. menyampaikan, dalam rangka hari Koperasi ke 71 menitik beratkan kepada menguatkan koperasi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Nasional.

Bupati Menyampaikan, kehadiran koperasi di tengah masyarakat bisa menjadi solusi, terutama bagi orang-orang yang menjadi korban kapitalis. “Karena koperasi ini memang bergerak di ruang- ruang korban kapitalis,” tambah dia.

Mantan Ketua DPRD Sumenep ini bersyukur, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah koperasi di daerahnya terus meningkat dan semakin membanggakan. Dia menyebutkan pada 2014 lalu tercatat 1.235 koperasi. Hingga Tahun 2017 menjadi 1.560 2018 meningkat menjadi 4,48 persen.

“Selain itu, koperasi di Sumenep juga mampu menekan pengangguran karena mampu merekrut 39 persen dari total tenaga kerja di Sumenep yang mencapai 593 ribu tenaga kerja,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati berharap seluruh koperasi di Sumenep terus melakukan penguatan kelembagaan. “Itu penting dilakukan dalam rangka mendorong produktivitas dan daya saing koperasi di era global,” ucapnya.

Kepala dinas Koperasi dan UKM kabupaten Sumenep, Imam Trisnohadi, SH. Msi. mengatakan, dalam peringantan hari Koperasi ke – 71 ini akan mampu meningkatkan semangat untuk memajukan koperasi baik terhadap pengurus ataupun terhadap anggota. Sehingga koperasi benar – benar hadir ditengah tengah masyarakat sebagai tumpuan ekonomi.

Koperasi yang ada di kabupaten Sumenep sebanyak 1380 dengan kapasitas aktif semua dan ada beberapa koperasi yang sangat perlu pengembangan.

“Keberadaan Koperasi di kabupaten Sumenep perkembangannya tidak sama, karena situasi daerah di wilayah tersebut tidak sama sehingga ada yang perlu evaluasi dan pemantapan bagi masyarakat sekitar”, ungkap Imam.

Imam menambahkan, selama kepemimpinan dirinya sudah memberikan penghargaan sekitar 45 kepada koperasi yang sudah berprestasi di kabupaten Sumenep, dan nantinya akan meningkatkan kembali dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada koperasi yang ada.

“Tingkatkan semangat dan kerja sama agar mampu memberikan kesejahteraan terhadap anggota dan masyarakat,” ujar sosok pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala dinas kominfo sumenep ini.

Usai Upacara, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan bagi Koperasi berprestasi, pekerja keras dan santunan bagi anak yatim diserahkan langsung oleh Bupati Sumenep DR. KH. A. Busyro Karim, MSi. Didampingi Kepala dinas Koperasi dan UKM kabupaten Sumenep, Imam Trisnohadi, SH. Msi. Serta pejabat bank yang ada dikabupaten sumenep sebagai mitra kerja Koperasi yang ada di kabupaten Sumenep.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *