Peringati Hari Pahlawan PN AMK Lakukan Ziarah ke Makam Mbah Kolil Bangkalan

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima | Beragam cara dilakukan PN AMK memperingati Hari Pahlawan dari mengadakan kegiatan pertandingan olahraga hingga berziarah ke wali Allah. Ketua Bidang Humas PN AMK pun mengagendakan berziarah ke makam Syaikona Kholil yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Kolil di Bangkalan, Madura tepat di Hari Pahlawan.

“Alhamdulillah, tepat di Hari Pahlawan kemarin kami kembali berkesempatan berziarah ke makam Mbah Kolil di Bangkalan,” ungkap Sis Ceria Monica, Jumat, (12/11/2021).

Bacaan Lainnya

Di sana, tambah Monic, selain berdo’a juga berikhtiar menyerap keteladanan beliau yang rela berkoban untuk umat dan bangsa.

Diungkapkan bahwa Syaichona Kholil berasal dari keluarga ulama, ayahnya, KH Abdul Latif, memiliki ikatan darah dengan Sunan Gunung Jati. Ayah Abdul Latif adalah Kyai Hamim, putra Kyai Abdul Karim. Yang disebut terakhir ini merupakan anak dari Kyai Muharram bin Kyai Asror Karomah bin Kyai Abdullah bin Sayyid Sulaiman. Sayyid Sulaiman merupakan cucu dari Sunan Gunung Jati.

Di waktu dewasa Mbah Kolil merupakan guru dari banyak ulama besar yang berperan besar dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

“Dari sinilah, kemudian muncul ulama-ulama besar termasuk para pendiri NU yang dekat dengan Bung Karno seperti KH. Hasyim Ashari dan KH. Abdul Wahab Hasbullah,” jelas istri putra Madura ini.

Di kesempatan ziarah tersebut Ketua Humas PN AMK ini didampingi istri Bupati Bangkalan, Zaenab Zuraidah Latif.

Zaenab berharap AMK di masa kepemimpinan Rendhika Harsono kedepan bisa membawa perubahan bagi generasi muda untuk lebih bersemangat.

“Semoga PN AMK di bawah kepemimpinan Ketum pak Rendhika generasi muda lebih bersemangat dalam perjuangan, tetap dengan Islam di hati, sikap dan di dalam bermasyarakat,” harapnya.

Sehubungan dengan pemberdayaan hidup sehat, Zaenab berharap dapat sehat pemikiran, sehat hati dan sehat perekonomian.

“Dengan pergerakan memberdayakan berprilaku hidup sehat, berharap bisa sehat pemikiran sehat hati dan sehat perkonomian.” Pungkas Zaenab yang menjabat Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan AMK ini. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait