Peringati HGN, Bupati Sumenep Ajak Guru Bangun Pendidikan Berkarakter Budaya

  • Whatsapp
Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, di halaman Kantor Bupati Sumenep

SUMENEP. beritalima.com| Pemerintah Kabupaten Sumenep berkomitmen dalam membangun pendidikan yang berkarakter, sebagai upaya melestarikan serta mewariskan aset kebudayaan kepada generasi muda.

“Harapannya, generasi masa depan supaya merasa memiliki dan tumbuh rasa tanggung jawab untuk menjaganya sekaligus melestarikannya di era apapun,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, di sela-sela upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, di halaman Kantor Bupati, Jum’at (26/11/2021).

Bacaan Lainnya

Pemerintah daerah mengajak semua guru bersama-sama mengakrabi murid-murid dengan budaya lokal Sumenep, melalui pembelajaran sebagai materi muatan lokal dalam rangka melestarikan pendidikan yang berkarakter budaya.

“Adat dan budaya Sumenep harus dilestarikan sebagai bentuk nilai yang diwariskan kepada generasi muda, sehingga tetap terjaga warisan adat dan budaya leluhur di tengah-tengah masyarakat,” imbuh Bupati.

Menyinggung Apel Hari Guru Nasional Tahun 2021 di tengah wabah COVID-19, menurut Bupati, merupakan salah satu wujud apresiasi Pemerintah Kabupaten Sumenep kepada para guru yang telah berkorban dan berjuang untuk membangun kemajuan daerah melalui bidang pendidikan.

“Meskipun, peserta apel itu sangat terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), tetapi inilah bentuk apresiasi pemerintah daerah, karena guru berperan penting dalam membangun daerah dengan pondasi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul,” terangnya.

Untuk itulah, para guru mengembangkan inovasi pembelajaran agar siswa menjadi inovatif, kreatif, produktif dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman seiring perkembangan teknologi dan informasi.

“Para guru hendaknya mampu mengembangkan proses pembelajaran didukung teknologi informasi guna merangsang terjadinya proses pembelajaran yang lebih baik,” pungkasnya.

Bupati bersama Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I, seusai apel Hari Guru Nasional mendatangi guru peserta apel untuk mengucapkan selamat hari guru dan terus semangat membangun SDM generasi muda Sumenep.
(MC/ An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait