Peringati Sumpah Pemuda, Kodim 0825 Banyuwangi Laksanakan Upacara Bendera

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, Prajurit dan ASN Kodim 0825 Banyuwangi melaksanakan upacara bendera yang di gelar di lapangan Makodim 0825 Banyuwangi, dalam pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasdim 0825 Banyuwangi, Mayor Inf Herawady Karnawan, Senin, 29/10/2018

Upacara dipimpin langsung Kasdim 0825 Banyuwangi, Mayor Inf Herawady Karnawan selaku Inspektur Upacara, Komandan Upacara Kapten Kav Makali, dan Perwira Upacara, Kapten Inf Sutiyono

Sebanyak 150 prajurit dan ASN jajaran Kodim 0825 Banyuwangi, Sub Denpom V/3-3 Banyuwangi mengikuti upacara hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 tersebut.

Pada upacara peringatan Sumpah Pemuda tersebut, diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda, dan pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Dalam amanatnya, Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan membacakan amanat Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Upacara menuturkan, peringatan Sumpah Pemuda ke-90 yang menyiratkan bahwa meskipun para pemuda-pemudi bangsa berasal dari suku yang berbeda, memiliki budaya berbeda, dan latar belakang yang berbeda bukan menjadi alasan atau penghalang untuk menggalang persatuan.

Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi Bangsa
Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018, kita semua berhutang budi pada Tokoh Pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk membangun kesadaran Kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga Persatuan dan Kesatuan Negeri ini.

Komitmen Kebangsaan mereka harus kita
Teladani membangun Bangsa, Satukan Indonesia.

” Hadirin peserta upacara yang saya hormati dan Pemuda Pemudi harapan Bangsa,” Hari Sumpah Pemuda Ke-90 kali ini mengambil Thema ” BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA” Thema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan Kepemudaan untuk melahirkan generasi.

Pemuda yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berahlak mulia, Sehar, Cerdas, Kreatif Inivatis, Mandiri, Demokratis, Kewirausahaan, Kepeloporan Kebangsaan berdasarkan
Pancasila dan Undang- undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonsia.

Pesatnya perkembangan Teknologi
Informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi iya memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para Pemuda kita untuk meningkatkan Kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif Informasi-informasi yang bersifat destruktif Hoax, Hate Speach, Pornografi, Narkoba, pergaulan Bebas hingga Radikalisme dan Terorisme juga masuk dengan mudahnya.

Apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter Ilmu pengetahuan secara kedewasaan dalam Berbangsa dan
Bernegara, Revolusi mental yang dicanangkan oleh bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo amatlah relavan dalam mewujudkan Pemuda yang maju, Ciri Pemuda yang maju adalah berkarakter, Berkapasitaa dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi Mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju, dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan Bangsa yang hebat.

”Hadirin peserta Upacara yang kami Hormati, Khususnya para Pemuda yanh kami banggakan” Pemuda – pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkopemtisi di kancah ASIA. Perhelatan ASIAN GEMES 2018, Atlet- atlet Muda Indonesia berhasil bersaing dengan Bangsa – bangsa ASIA, dan berhasil menduduki Peringkat Ke-4, serta diajang ASIAN Para Memes 2018, para Atlet kita berhasil menduduki
Peringkat Ke-5, ini adalah sejarah baru Olahraga Indonesia serta harus dijadikam Momentum untuk membangun Optimisme Pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi di bidangnya.

”Hadirin peserta upacara yang kami hormati, Khususnya para pemuda yang kami banggakan”.Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan
Nasional dan Daerah yaitu pemilihan
Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD TK.I DAN DPRD TK. II. untuk itu peran dan tanggung jawab Pemuda dalam mensukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan.

Partisipasi aktif Pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan Pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas, Kalau Pemuda Generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan Sikap-sikap Peimordial Suku, Agama, RAS dan Kultur, menuju Persatuan dan Kesatuan Bangsa, maka tugas Pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar Batas-batas tembok kekinian demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

” Wahai Pemuda Indonesia, Dunia
Menunggumu, Berjuanglah, Lahirkanlah
Ide-idw tekad dan Cita-cita,
Pengorbananmu tidak akan pernah Sia-sia dalam mengubah Dunia”.
Akhirnya, Saya Ucapkan ”Selamat
Hari Sumpah Pemuda Ke-90”. Semoga melalui Peringatan ini kita selalu
Menghormati jasa para Pemuda, jasa
Para Pendiri Bangsa dan jasa para
Pahlawan kita. Semoga Allah SWT- Tuhan Yang Maha Kuasa, Senantiasa melimpahkan Rahmat dan Ridho-nya Kepada kita semua

Ayo…..Bangun Pemuda, Satukan
Indonesia!

Dalam pelaksanaan upacara Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 yang berlangsung di lapangan Makodim 0825 Banyuwangi tersebut berlangsung dengan tertib lancar dan aman. (Abi/Pen25)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *