Personil Gabungan Berhasil Lumpuhkan Anggota KBB

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com. Bertempat di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang Papua, telah terjadi Kontak tembak antara personel gabungan TNI-Polri dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menewaskan 1 anggota KKB dan 2 terluka, Jumat (17/9).

Tim Gabungan TNI-Polri melakukan penyisiran di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang, saat melakukan penyisiran personel gabungan mendapatkan tembakan dari KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo, sehingga personil membalas tembakan dan terjadi kontak tembak.

Dari kontak tembak tersebut, personel gabungan berhasil melumpuhkan 1 (satu) anggota KKB meninggal dunia dan 2 (dua) anggota KKB terluka. Diketahui untuk anggota KKB yang meninggal dunia an. Elly M Bidana yang mengklaim dirinya sebagai Komandan Operasi KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo.

Satu anggota KKB yang meninggal dunia dibawa oleh Kelompok KKB tersebut, hingga saat ini KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo masih berada di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang.

Personel Gabungan TNI-Polri yang berada di Distrik Kiwirok masih melakukan pengejaran, dan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hingga saat ini di Distrik Kiwirok situasi masih dalam keadaan kondusif, kontak tembak dan pasca kejadian pembakaran fasilitas Publik berupa Kantor Distrik, Puskesmas, Bank, dan Rumah Warga. Pelayanan Publik di Distrik Kiwirok dan Distrik Okhika saat ini, berdampak pasca aksi pembakaran yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kabupaten Pegunungan Bintang terdiri dari 34 Distrik dengan total luas wilayah 15.863 Km persegi memiliki enam pos Polisi, diantaranya tiga Polsek dan tiga Polsubsektor, tentu pelayanan belum maksimal yang rasakan oleh warga di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dalam beberapa waktu terakhir, KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo beberapa kali melakukan aksi kekerasan di beberapa Distrik terjauh di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dalam beberapa hari terakhir Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksi kekerasan di 2 (dua) Distrik yakni pada hari Senin tanggal 13 September 2021 Kelompok Kriminal Bersenjata
(KKB) melakukan pembakaran dan kekerasan di Distrik Kiwirok dan pada hari Selasa, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan pembakaran di Distrik Okhika.

(Timika/lasatia)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait