Personil Kodim 0825 Banyuwangi Sigap Tanggap Tangani Banjir Di Alasmalang

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Intensitas hujan deras menyebabkan debit Air Sungai Alas malang meluap ke jalan dan permukiman warga Desa Alas malang kec Singojuruh, membuat jajaran TNI dari Kodim 0825 Banyuwangi langsung terjun ke lokasi yang terdampak banjir, dalam kejadian banjir yang meluap ke pemukiman warga Desa Alas Malang, Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Herawady Karnawan terjun langsung ke lokasi yang terdampak banjir.

Kejadian meluapnya air sungai di Desa alas malang tersebut diakibatkan karena hulu sungai Badeng terguyur hujan deras seharian kali kedua dalam setahun kejadian banjir besar di desa alas malang tersebut terjadi.

Dalam kejadian banjir tersebut tidak hanya permukiman warga dan jalan raya ,area persawahan pun tampak rata dengan genangan air, belum lagi material lumpur, kayu yang hanyut terbawa arus dari hulu hingga banyak melintang di bawah jembatan .

Kejadian yang terjadi pada minggu 25 Nopember 2018 sore pukul 16.30 wib hari tersebut membuat Warga panik menyelamatkan diri dari dalam rumah dan berlarian ke ruas jalan raya alas malang dan berkumpul di titik aman .

Respon cepat sinergi TNl dari Koramil 0825/13 Singojuruh, Polsek Singojuruh beserta Team reaksi cepat BPBD tampak merespon cepat kejadian banjir tersebut dan segera melakukan tindakan penghaluan warga agar menjaga titik aman dari lokasi dan mengevakuasi warga yang terdampak, bahkan Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan dengan didampingi Danramil 0825/13 Singojuruh Kapten Kav Heriyanto dan Pjs. Pasi Ops Kodim 0825 Banyuwangi Lettu Inf Sutomo langsung meninjau kejadian banjir pada saat itu juga, Demi berjalannya proses evakuasi dampak Banjir untuk sementara jalur Rogojampi Genteng yang melalui Gambor dan sebaliknya di alihkan.

Sementara itu Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan yang berada di lokasi banjir mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto menuturkan,” dalam kejadian banjir meluapnya sungai badeng yang terisolir, kami bersama Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) sudah bekerja keras dalam penggulangan bencana ini, kami telah memerintahkan seluruh jajaran Kodim 0825 Banyuwangi untuk terus bersiaga dan terus berupaya serta berkoordinasi dengan pihak terkait, kami minta kepada para prajurit untuk berkoordinasi dengan Polri , BPBD dan dinas Intansi terkait dalam penanggulangan Bencana Alam ini, dan pasca terjadinya bencana banjir ini kami akan mengerahkan personel Kodim 0825 Banyuwangi untuk melakukan Karya Bakti membantu warga yang terdampat banjir bersama Polri dan BPBD,”tuturnya.

Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan juga menambahkan,”TNI merupakan kekuatan inti dan kekuatan utama dalam membangun dan mengembangkan sistem pertahanan nasional untuk mewujudkan stabilitas nasional, karena TNI juga memiliki peran dan tugas untuk menanggulangi bencana alam yang terjadi di daerah sebagaimana yang diatur dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 24 tahun 2007 tanggal 26 April 2007 tentang Penanggulangan Bencana. (Abi/Pen25)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *