Pertanyakan Jumlah DPS Turun, API Datangi Kantor KPU Bangkalan

  • Whatsapp

BANGKALAN, BeritaLima.com- Pertanyakan jumlah DPS (daftar pemilih sementara) yang mengalami penurunan sangat signifikan. Asosiasi Pemuda Independen atau lebih dikenal dengan sebutan API audiensi ke kantor KPUD Kabupaten Bangkalan, Jum’at (23/3/2018).

Ketua API, Nur Hakim mengatakan, berdasarkan pemberitaan di media bahwa jumlah DPS (daftar pemilih sementara) mengalami penurunan yang signifikan sekitar 25.000 (dua puluh lima ribu) pemilih. Dia juga menilai bahwa KPU Bangkalan langsung mengeluarkan jumlah DPS tanpa mensosialisaskani tahapannya.

“Sebenarnya kita datang kesini ingn mengkomperasikan data terkait DPS itu sampai nanti DPT, karena kita takut ada pengelembungan data,” katanya.

Selain itu, kata Hakim berdasarkan analisanya di masyarakat banyak menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan terkait dengan proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh petugas PPDP (panitia pemutakhiran data pemilih)

“Kita menemukan disebagian rumah hanya tertulis dusun dan pilkada tidak tertulis jumlah pemilih berapa dan jumlah yang ada di rumah itu ada berapa,” terangnya.

Sementara, menanggapi hal itu Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jakfar mengatakan bahwa dalam menjalankan proses pilkada pihaknya melaksanakan secara terbuka dan transparan.

“Masukan dan aspirasi monggo disampaikan tapi karena kita dalam menjalankan seluruh tahapan berdasarkan data. maka masukan dan aspirasi itu jangan asumsi tapi juga berdasarkan by data, dan kita sudah menjalankan seluruh tahapan berdasarkan aturan mainnya,” ucap Fauzan.

Terkait jumlah daftar pemilih yang mengalami penurunan, Fauzan mengatakan bahwa hal itu disebabkan adanya upaya pemerintah melalui program nasional dengan sistem identitas tunggal yaitu e-KTP.

“Fluktuasi data pemilih yang cenderung turun karena ada perbaikan-perbaikan data dari pemerintah melalui program nasional dengan e-KTP singgle identity (identitas tunggal),” tandas Fauzan. (Rsd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *