Polres Banyuwangi Gladi Lapang Sispam Kota, Jelang Pilkada Jatim

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Sebagai bentuk Ikrar Pilkada Aman, jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, Polres Banyuwangi menggelar Gladi Lapang Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota, di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Jum’at (11/05).

Kegiatan ini, dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman SIK, Dandim 0825 Letkol Rully Nuryanto, Danlanal Letkol Suhartaya, Ketua KPUD Banyuwangi Samsul Arifin, dan Ketua Bawaslu Banyuwangi Hasyim Wahid

Dalam aksi ini, terlihat ratusan anggota polisi berpakaian preman menggelar unjuk rasa memprotes adanya kecurangan dalam pemungutan dan penghitungan suara. Dalam situasi ini massa yang banyak juga melempari petugas dengan botol mineral bahkan ada pula yang melempari boom smoke (boom asap) kepada petugas.

Aksi lainnya, gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP melakukan pengamanan serta perlawanan kepada massa dengan memasang pagar betis dan penyemprotan water canon kepada massa yang membuat kisruh pada kegiatan tersebut, untuk mengantipasi aksi beringas lanjutan, akhirnya polisi menyemprotkan air untuk memukul mundur massa.

Kapolres Banyuwangi, AKBP. Donny Adityawarman mengatakan, gladi Lapang Sispam Kota dalam rangka melatih anggota untuk kesiapan antisipasi gangguan keamanan saat pelaksanaan Pilkada.

“Kegiatan ini untuk menunjukan kesiapan kita, dan kepolisian sudah mampu melaksanakan kegiatan tahapan pemilu sesuai apa yang sudah ditetapkan,” ucap Kapolres Banyuwangi, AKBP. Donny Adityawarman.

Dalam aksi ini, menurut Kapolres, menggambarkan pengamanan polisi terhadap bentrokan antar pendukung Cagub-Cawagub disaat masa kampanye, masa tenang, dan pengamanan di hari pencoblosan hingga sampai pengumuman hasil Pilkada oleh KPUD.

“Di Banyuwangi saat ini tidak ada yang dianggap rawan, semua aman aman saja, selanjutnya kami masih terus mengevaluasi maupun memetakan titik titik rawan yang mungkin timbul di Banyuwangi,” jelasnya.

Kapolres menambahkan, agar tercipta keamanan pada Pilgub Jatim 2018 ini, seluruh personil disiagakan termasuk ada perbantuan dari TNI, Satpol PP maupun ormas samping yang akan digunakan tenaganya.

Sementara, untuk kepolisian sendiri akan menyiapkan anggota sebanyak 2/3 yang digunakan untuk perkuatan atau sekitar 800 personil, yang akan turun dilapangan dan sisanya untuk Mako, ditambah dengan dari instansi samping dan ormas yang ada.(abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *