PT BSI Gelar Internal Fire And Rescue Challenge Dalam Rangka Peringati Bulan K3 Nasional

  • Whatsapp

BANYUWANGI – Sejumlah event digelar PT Bumi Suksesindo (PT BSI) guna memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional. Salah satunya adalah ajang Internal Fire and Rescue Challenge.

Sedikitnya 15 tim menjadi peserta. Mereka terdiri dari 11 tim rescue dari PT BSI, dan sisanya tim dari perusahaan rekanan atau mitra. Disini, seluruh peserta adu profesionalisme dan ketangkasan dalam melakukan aksi penyelamatan. Mereka dituntut untuk bisa menyelesaikan beberapa skenario kondisi darurat keselamatan kerja.

Bacaan Lainnya

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT BSI, Roelly Fransza menyampaikan, bahwa lomba Internal Fire and Rescue Challenge sengaja digelar untuk mengasah kemampuan tim rescue. Sekaligus sebagai persiapan untuk mengikuti ajang Indonesian Fire and Rescue Challenge (IFRC) tahun ini yang akan diselenggarakan di PT Putra Perkasa Abadi (PT PPA) Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Dari lomba akan terjaring Volunteer (Relawan Emergency Rescue Team) berbakat dari masing-masing departemen,” katanya, Rabu (13/3/2024).

Roelly menambahkan, beberapa hari sebelum lomba, perwakilan tim harus mengikuti Technical Meeting. Disitu panitia menjelaskan mengenai mekanisme dan aturan main.

Lomba dimulai dengan tes tulis bagi seluruh anggota tim. Materi tes seputar pengetahuan mengenai K3. Selanjutnya, tim dibagi menjadi beberapa kelompok perlombaan.

Untuk lomba First Aid, peserta dituntut untuk dapat memberikan pertolongan dengan cepat dan tepat berdasarkan keadaan korban. Dengan kata lain, peserta harus tahu penggunaan peralatan yang sesuai serta ketepatan tindakan pertolongan.

Kejelian, keterampilan dan keakuratan peserta diuji dalam lomba Mechanical Advantage. Dimana peserta harus menyusun perlengkapan tali-temali untuk pengangkatan atau penarikan korban menjadi lebih mudah dan ringan.

Sejak perlombaan dimulai, suasana berubah menjadi sangat dinamis. Para para peserta sibuk dengan siasat kemenangannya. Tim juri cermat memelototi aksi dan trik para peserta. Beberapa karyawan yang menonton pun meneriakkan yel-yel penyemangat.

Makin menantang, lomba Bulan K3 Nasional ini digeber dibawah terik matahari. Bisa dibayangkan bagaimana kelelahan fisik dan kondisi psikis para peserta.

“Mereka harus mampu membuktikan kebugaran tubuhnya dengan menyelesaikan tantangan demi tantangan,” ungkap Roelly.

Sementara itu, Emergency Rescue Team (ERT) Supervisor PT BSI, Edi Sunariono, menyebut bahwa lomba Internal Fire and Rescue Challenge, bisa menjadi kesempatan bagi tim rescue dari tiap-tiap departemen guna penyegaran materi. Sekaligus mengasah serta menjaga skill penyelamatan.

“Untuk menyemangati para peserta, pihak panitia menyediakan sejumlah hadiah menarik. Ada beberapa kategori pemenang, diantaranya Safety Competency Test, Lomba Inovasi Keselamatan Pertambangan, Lomba Konten Kreatif K3 dan lainnya,” kata Edi Sunariono.

Untuk diketahui, Bulan K3 Nasional 2024, dilaksanakan mulai 12 Januari hingga 12 Februari 2024. Diselenggarakan serentak di seluruh tanah air, termasuk di PT Bumi Suksesindo (PT BSI). PT BSI merupakan tambang emas anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG), yang beroperasi di gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Bulan K3 Nasional 2024, mengusung tema ‘Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait